Tak Panen Raya akibat Cuaca, Buah Mangga Tetap Tersedia di PIOS

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Sahlul Fahmi

Buah mangga tetap tersedia di PIOS

jatimnow.com - Setelah hampir tujuh bulan, buah mangga kembali tersedia di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS). Salah satu pedagang yang memasok mangga adalah lapak yang dikelola Pak Naryo di Blok B.

Ia mengatakan jika buah mangga dilapaknya berasal dari petani asal Bondowoso. Menurutnya, mangga yang didapat juga tidak terlalu banyak, yakni kurang dari 1 kuintal.

"Perkiraan saya, tahun ini buah mangga tidak akan panen raya. Cuaca yang tak menentu membuat proses pembuahan terganggu. Saat pohon mangga hendak berbunga, hujan lebat sering turun, akhirnya bunga-bunga itu banyak yang rontok," jelas Naryo, Sabtu (8/8/2020).

Pedagang asal Malang itu menceritakan jika mangga yang didapatkan ini berasal dari pohon mangga yang bunganya selamat dari hujan lebat.

Adapun jenis buah mangga yang kini berhasil didatangkan di lapaknya adalah buah mangga jenis arum manis dan mangga manalagi. Namun untuk mangga arum manis sudah terjual habis diborong pelanggan.

"Karena barangnya langka jadi jualnya juga cepat. Baru kemarin sore datang hari ini mangga arum manis sudah habis," ungkap Naryo.

Sedang untuk harga mangga arum manis kategori A (besar) dibanderol antara Rp 15 ribu hingga Rp 16 ribu per kilogram. Lalu kategori B (sedang) antara Rp 10 ribu hingga Rp 12 ribu per kilogram.

"Untuk mangga manalagi kebetulan yang ada sekarang ukurannya tidak terlalu besar, agak tanggung. Kalau harganya saya jual Rp 12 ribu per kilogram," tandasnya.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter