Banjir Bandang, 28 Rumah di Banyuwangi Terendam Lumpur

Editor: Erwin Yohanes / Reporter:

Warga sedang membersihkan lumpur di Masjid Arroyyan Alas Malang

jatimnow.com - Sedikitnya ada 28 rumah dan 1 masjid di Desa Alas Malang, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi terdampak dan terendam lumpur usai banjir bandang yang terjadi Selasa (15/5) malam.

8 rumah diantaranya mengalami rusak berat akibat banjir yang membawa material lumpur dan batang pohon. Disinyalir diakibatkan hujan deras di wilayah lereng Gunung Raung dan menyebabkan air bercampur lumpur merangsek ke rumah warga.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Fajar Suasana mengatakan, penyebab meluapnya air bercampur lumpur dan batang kayu berukuran besar diakibatkan tersumbatnya gorong-gorong jembatan Kali Badeng.

Kayu gelondongan yang ikut terseret banjir

"8 rumah rusak berat, 20 rumah rusak sedang akibat luapan banjir yang disertai lumpur. 1 masjid terendam lumpur," kata Fajar, Rabu (16/5/2018).

Untuk menghindari luapan banjir susulan, petugas BPBD bersama masyarakat dengan satu alat berat berhasil melakukan menormalisasi sungai Kali Badeng dan mengangkat kayu gelondongan dan material lain yang sempat menutup gorong-gorong jembatan.

"Sejak semalam seluruh satker (satuan kerja, red) terkait langsung menormalkan aliran Kali Badeng. Dan untuk membersihkan jalan kami mendapat bantuan kendaraan pemadam kebakaran," paparnya.

Salah seorang warga Desa Alas Malang Sudibyo, mengaku terkejut dengan kejadian tersebut. Sebab, selama ini tidak pernah terjadi banjir lumpur.

"Dulu pernah terjadi banjir tahun 1970-an tapi tidak sebesar semalam," katanya.

Dari data yang terima jatimnow.com, jalur lalu lintas Banyuwangi - Genteng melalui Singojuruh dan Srono, hingga pukul 12.00 WIB ditutup bagi kendaraan roda empat. Akibatnya kemacetan terjadi hampir sepanjang 3-5 kilometer.

Oleh aparat kepolisian, kendaraan roda empat dari dua arah dialihkan melalui jalur Singojuruh - Gendoh - Sempu.

Penutupan jalan raya ini untuk memberi kemudahan bagi satuan kerja dan masyarakat dalam mengevakuasi material lumpur dan kayu gelondongan yang masih tersisa.

Reporter: Hafiluddin Ahmad

Editor: Erwin Yohanes

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter