Paskomnas Bertekad Jadikan Buah Nusantara Tuan Rumah di Negeri Sendiri

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Sahlul Fahmi

Direktur utama Paskomnas (Pasar Komoditi Nasional) Indonesia Hartono

jatimnow.com - Gelar Buah Nusantara 5 diresmikan Direktur Utama Paskomnas (Pasar Komoditi Nasional) Indonesia oleh Hartono Wignjopranoto bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartanto; Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto di Jakarta, Senin (10/8).

Menurut Hartono, selama ini Paskomnas telah memiliki kontribusi besar bagi pemasaran buah lokal Indonesia.

"Paskomnas hampir 90 persen memasarkan produk pertanian dari petani langsung. Karena itu Paskomnas terus berupaya mengembangkan apa yang harus dilakukan untuk buah nusantara," kata Hartono.

Untuk mengetahui permasalahan buah nusantara, pihak Paskomnas rajin berkomunikasi dan berembuk baik dengan pedagang maupun petani agar Paskomnas mendapatkan masukan tentang hasil pertanian yang bisa lebih bermanfaat untuk semua pihak yang terkait.

Dari hasil sharing bersama pedagang serta petani buah dan sayur, akhirnya pada tahun 2012 Paskomnas memiliki gagasan untuk mengadakan acara Gelar Buah Nusantara dimana pelaksanaan acara tersebut telah berjalan sebanyak 5 kali.

"Untuk pelaksanaan Gelar Buah Nusantara 1 sampai 4 kami gelar secara offline. Dan untuk acara yang kelima ini Gelar Buah Nusantara digelar secara online dengan harapan bisa berimbas lebih luas ke masyarakat," terang dia.

Hartono juga menyebut pelaksanaan Gelar Buah Nasional 5 yang digelar secara online ini merupakan masukan dari berbagai pihak yakni Menko Perekonomian, Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin).

Hartono juga berharap bahwa dengan melibatkan banyak elemen baik dari pemerintah maupun swasta akan semakin memperkuat gaung Gelar Buah Nasional bagi masyarakat di seluruh Indonesia sehingga nantinya akan berimbas positif bagi perkembangan hasil pertanian buah dan sayur yang dihasilkan petani lokal.

"Indonesia memiliki aneka ragam buah lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan buah impor. Karena itu kami berharap melalui Gelar Buah Nusantara kita jadikan buah nusantara menjadi tuan rumah di negeri sendiri," harap Hartono.

Sementara Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan bahwa pemerintah akan mendukung penuh upaya tersebut dengan melakukan berbagai langkah nyata demi kemajuan buah nusantara.

"Kami akan mengembangkan varian-varian tertentu sebagai inovasi. Selain itu kami akan lakukan sosialisasi mengenai buah nusantara ke luar negeri," ujar Yasin.

Acara Gelar Buah Nusantara kelima ini akan berlangsung dari tanggal 10 hingga 20 Agustus mendatang. Dalam acara peresmian ini juga digelar webinar bertajuk Gerakan Konsumsi Buah Nusantara Dalam Rangka Bangga Buatan Indonesia.

Selain direktur utama Paskomnas Hartono Wignjopranoto, webinar ini juga menghadirkan beberapa pembicara berkompeten seperti Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Ir Arif Satria. Kemudian Ir Musdhalifah Machmud selaku deputi bidang koordinasi pangan dan agrobisnis, Kemenko Bidang Perekonomian RI.

Lalu Karen Tambayong, selaku komite tetap pengembangan Holtikurtura Kadin Indonesi serta Emil Arifin dari persatuan hotel.dan restaurant Indonesia (PHRI). Adapun moderator dalam acara ini adalah Prof Dr Muhammad Firdaus.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter