jatimnow.com
Ziarah ke Makam Adipati Bathoro Katong di Hari Jadi ke-524 Ponorogo

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni saat ziarah ke makam Adipati Bathoro Katong

jatimnow.com - Untuk memperingati Hari Jadi ke-524 Ponorogo, pemerintah kabupaten (pemkab) setempat menggelar ziarah ke makam Adipati Bathoro Katong. Hari jadi Kota Reog itu jatuh pada 11 Agustus.

Selain Bupati Ipong Muchlissoni, ziarah ke makam pendiri Ponorogo pada Senin (10/8/2020) malam itu juga diikuti sejumlah kiai sepuh, Forkopimda Ponorogo, mulai dari Kapolres Ponorogo, AKBP Mochamad Nur Azis hingga Ketua DPRD Kabupaten Ponorogo, Sunarto.

Menurut Bupati Ipong, Adipati Bathoro Katong merupakan adipati pertama Ponorogo. Sehingga menurutnya, ziarah ke makam Bathoro Katong menjadi sebuah kewajiban.

Di hari jadi Ponorogo tahun ini, Bupati Ipong berharap Ponorogo bisa menjadi kabupaten yang rakyatnya makmur, sejahtera dan berjaya seperti yang dicita-citakan Adipati Bathoro Katong.

Kepada generasi muda penerus asal Ponorogo, Bupati Ipong juga berharap agar mereka tidak melupakan pendiri dan perintis kampung halamannya.

"Jadi anak cucu harus ingat bahwa pendiri dan perintis itu yang harus terus kita doakan. Karena tanpa pendiri dan perintis, belum tentu kita bisa mengenal Ponorogo seperti saat ini," ujar Bupati Ipong.

Dalam peringatan Hari Jadi Ponorogo di tengah Pandemi Covid-19 ini, ia ingin kembali menggelorakan ciri khas orang Ponorogo yang pantang menyerah.

"Kita harus optimis dan yakin bahwa pandemi akan berakhir dan yakin tidak kalah dengan pandemi dengan cara mematuhi segala protokol kesehatan," tambahnya.

Rangkaian peringatan Hari Jadi Ponorogo ke 524 sendiri dimulai dari istighosah di Pringgitan, Rumah Dinas Bupati Ponorogo. Lalu dilanjutkan ziarah ke makam Adipati Bathoro Katong dan makam Merto Hadi Negoro.

Loading...

 

Berita Terkait