Bendera Merah Putih 1000 meter akan Dibentangkan di Penanggungan

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Achmad Supriyadi

Bendera merah putih dibentangkan di Puncak Penanggungan tahun lalu (Foto: Dok. Team Stress Adventure)

jatimnow.com - Bendera merah putih sepanjang 1000 meter akan dibentangkan di Puncak Gunung Penanggungan tepat di Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia pada Senin (17/8/2020).

Pembentangan dan pengibaran bendera sang saka merah putih itu akan melalui jalur pendakian pintu Kedungudi dan Tamiajeng, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.

Acara itu sudah digelar keenam kalinya. Tahun ini, pengibaran bendera merah putih akan digelar hasil bekerjasama antara Team Stress Adventure (TSA) dan Gass Adventure Sidoarjo, Karang Taruna Kedungudi serta para pecinta alam lainnya.

"Sudah keenam kalinya upacara di Puncak Pawitra (Puncak Gunung Penanggungan). Bendera merah putih yang akan dikibarkan sekitar 1000 meter," ujar Ketua TSA, Anang Budi Prasetyo, Jumat (14/8/2020).

Genong sapaan akrabnya menambahkan, kegiatan pengibaran itu akan melibatkan sebanyak 2000 pendaki.

"Kami akan tetap mematuhi protokol kesehatan karena Pandemi Covid-19. Kalau tahun kemarin panjang bendera 250 meter, tahun ini 1000 meter. Izin sudah kami urus dan alhamdulilah diizinkan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," bebernya.

Masih kata Genong, tujuan pengibaran bendera merah putih di puncak Gunung Penanggungan itu untuk memupuk jiwa nasionalisme.

"Tujuan pengibaran ini untuk menanamkan rasa jiwa nasionalisme untuk para pendaki. Kami juga mengimbau kepada pendaki yang ikut kegiatan puncak nanti agar tetap menjaga kebersihan dan sampahnya agar dibawa ke bawah lagi dan dibuang ke tempat sampah," pungkasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter