Upacara HUT ke-75 RI dan Pesan Moral Menjaga Sungai di Ponorogo

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Warga Desa Sukosari, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo mengikuti upacara HUT ke-75 RI di tepi Sungai Dayang

jatimnow.com - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI) digelar warga Desa Sukosari, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo, Senin (17/8/2020).

Para pemuda dan warga desa setempat menggelar upacara di tengah sungai. Mereka tampak khidmat mengikuti upacara bendera yang dilanjutkan dengan bersih-bersih sungai hingga tebar benih ikan.

"Kami melakukan upacara di Sungai Danyang untuk memberikan pesan moral kepada masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan, terutama sungai," ujar Ketua Forum Desa Sukosari, Sayid Asfari.

Menurutnya, kondisi sungai hari ini cukup memprihatinkan, menyusul debit airnya yang semakin berkurang. Padahal di Desa Sukosari banyak warga yang menggantungkan hidupnya kepada sungai, salah satunya untuk mengairi sawah.

Warga Desa Sukosari, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo menebar benih ikan di Sungai Danyang usai menggelar upacara HUT ke-75 RIWarga Desa Sukosari, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo menebar benih ikan di Sungai Danyang usai menggelar upacara HUT ke-75 RI

"Banyak warga yang menggantungkan hidupnya pada sungai karena sebagian besar penduduknya bekerja di sektor agraris atau pertanian," lanjutnya.

Sayid yang bertindak sebagai pembina upacara itu juga mewanti-wanti masyarakat. Bahwa saat ini sungai sudah menjadi tempat sampah terpanjang di dunia.

"Untuk itu kita ajak warga bersih-bersih sungai dan mengimbau masyarakat agar tidak lagi membuang sampah ke sungai agar tidak banjir saat musim penghujan," tutur Sayid.

"Kita juga melepaskan 50 kilogram bibit ikan nila, lele dan mujahir dengan harapan masyarakat lebih peduli dan mencintai sungainya sendiri," pungkasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter