Menengok Rencana Revitalisasi Makam Pahlawan Gresik Usman Sadar

Makam Usman Sadar di Jalan Usman Sadar, Gresik

jatimnow.com - Makam pahlawan kemerdekaan Moehammad Oesman atau yang dikenal dengan sebutan Usman Sadar yang terletak di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jalan Usman Sadar, Gresik rencananya akan direvitalisasi.

Tokoh sejarah Gresik, yang juga menjabat sebagai Ketua Yayasan Masyarakat Pecinta Sejarah dan Budaya Gresik (Mataseger), Kris Adji AW mengatakan, rencana revitalisasi makam Usman Sadar itu merupakan keinginan eks Ketua DPRD Gresik Fandi Ahmad Yani (Gus Yani).

Loading...

"Kemarin saya bertemu Mas Yani. Kami lalu ngobrol banyak mengenai sejarah di Gresik, termasuk sejarah Usman Sadar dan Kiai Sindujoyo. Dari obrolan santai itu kami kemudian berziarah ke makam Usman Sadar," ungkap Kris Adji, Selasa (18/8/2020).

Kris juga menceritakan jika makam Usman Sadar kini kondisinya sangat memprihatinkan dan kurang terawat. Padahal jika melihat jasa besarnya, seharusnya pemerintah membangun dan merawat makam Usman Sadar dengan baik sebagai bentuk penghormatan.

"Dari situlah timbul keinginan Mas Yani untuk merevitalisasi makam Usman Sadar. Doakan saja semoga rencana tersebut terlaksana," ucap Kris.

Usman Sadar yang meninggal pada 13 April 1947 merupakan salah satu prajurit Laskar Sabilillah pimpinan Maskoen Asj'ari yang melakukan perlawanan kepada pasukan Agresi Militer Belanda.

"Beliau (Usman Sadar) adalah pejuang yang gigih melawan penjajah. Dan atas jasanya tersebut Usman Sadar dijadikan nama jalan utama di Kota Pudak mulai dari Perlimaan Sukorame hingga Perempatan Pasar Gresik," beber Kris.

Tak hanya itu, jenazah Usman Sadar juga dimakamkan di dekat makam Kiai Sindujoyo, salah satu tokoh penting bagi sejarah perkembangan Kota Gresik yang juga dikenal sebagai kota santri ini.

Sementara Gus Yani menyebut bahwa dirinya memang memiliki keinginan besar untuk merevitalisasi makam Usman Sadar.

"Saya prihatin melihat kondisi makam Usman Sadar. Karena itu saya merasa terpanggil dan berencana merevitalisasi makam Usman Sadar. Mohon doa restu dan dukungan supaya rencana tersebut berjalan lancar," tambah pria maju jadi calon bupati dalam Pilkada Gresik 2020 ini.

Berita Terkait