jatimnow.com
Beredar Video AHY Serahkan Rekomendasi untuk Yusuf Widyatmoko

Tangkapan layar video AHY memberikan rekomendasi kepada Yusuf Widyatmoko di Pilkada Banyuwangi 2020

jatimnow.com - Sebuah video yang berisi Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan surat rekomendasi kepada Yusuf Widyatmoko untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banyuwangi, beredar.

Yusuf Widyatmoko merupakan Wakil Bupati Banyuwangi yang telah mendampingi Abdullah Azwar Anas sebagai bupati di Bumi Blambangan selama dua periode, yaitu periode 2010-2015 dan 2015-2020.

Video berdurasi 31 detik itu beredar berantai di Grup WhatsApp. Dalam video itu terlihat, selain AHY dan Yusuf Widyatmoko, ada pula Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto yang mengenakan baju batik.

Sementara, Yusuf Widyatmoko mengenakan baju kotak-kotak warna biru dan AHY mengenakan jaket biru lengan putih. Semuanya tampak mengenakan masker berlogo mercy.

".... Surat rekomendasi kepada pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur periode 2020-2025 kepada Bapak Yusuf Widyatmoko sebagai calon bupati dan KH M Riza Aziziy sebagai calon wakil bupati," kata AHY seperti dalam video yang dilihat jatimnow.com, sekitar pukul 14.20 Wib, Kamis (20/8/2020).

Setelah membacakan rekomendasi itu, AHY menyerahkan surat rekomendasi dari DPP Partai Demokrat kepada Yusuf Widyatmoko.

Saat jatimnow.com menghubungi Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi Michael Edy Hariyanto, nomor selulernya tidak aktif hingga pukul 15.04 Wib.

Merujuk dari PKPU Nomor 1 Tahun 2020 Pasal 5 Ayat 2, syarat pasangan calon bupati dan wakil bupati melalui jalur partai politik atau gabungan partai politik, minimal harus mengantongi 20 persen atau setara 10 kursi dari total 50 kursi di DPRD Kabupaten Banyuwangi.

Loading...

Dari data yang didapat jatimnow.com, Fraksi Demokrat hanya memiliki 6 kursi di DPRD Banyuwangi. Bila rekomendasi itu benar, partai apa yang akan berkoalisi dengan partai bentukan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut untuk mengusung Yusuf?

Berita Terkait