Pandemi Covid-19

Ini Alasan Mengapa Pagelaran Seni di Alun-alun Surabaya Dihentikan

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Budi Sugiharto

Unggahan @xxxxsuroboyo di Instagram

jatimnow.com - Pagelaran seni di Alun-alun Surabaya, Kompleks Balai Pemuda, dihentikan sementara oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) sejak 21 Agustus 2020. Kenapa dihentikan?

"Potensi penyebaran Covid-19 dan pelanggaran protokol kesehatan," jawab Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat dikonfirmasi jatimnow.com, Sabtu (22/8/2020).

Saat ditanya sudah berapa orang yang dimintai keterangan terkait pelanggaran protokol kesehatan yang terjadi pada pagelaran seni di Alun-alun Surabaya, Trunoyudo meminta jatimnow.com menanyakannya ke Polrestabes Surabaya.

"Tanya polres (Polrestabes Surabaya), teknisnya, perkembanangnya," tambah dia.

Menurut Trunoyudo, Polda Jatim memberikan petunjuk dan arahan kepada kasatwil atau para kapolres untuk melakukan langkah-langkah koordinatif dengan pemerintah daerah (pemda)

"Polda Jatim sejauh ini melalui Polrestabes Surabaya sudah melakukan tindakan dengan pembubaran," tegasnya.

Baca juga: 

Sedangkan, lanjut Trunoyudo, untuk peraturan daerah (perda) masing-masing daerah, yang menegakkan adalah Satpol PP.

"Perda masing-masing daerah yang menegakkan Satpol PP," ujar dia.

Sementara Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Johnny Eddizon Isir menjawab normatif saat ditanya perkembangan pemeriksaan atas dugaan pelanggaran protokol kesehatan dalam pagelaran seni di Alun-alun Surabaya tersebut.

"Kami laksanakan koordinasi dengan jajaran pemkot sebagai bagian dari Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kota Surabaya. Sejauh ini telah direspon kegiatan pantas seni telah dihentikan dan akan dievaluasi lebih lanjut oleh gugus tugas," jawab Isir.

Isir menambahkan bahwa gugus tugas yang dimaksud adalah satu kesatuan yang tidak berjalan sendiri-sendiri.

"Pelaksanaan tugas kami tetap dalam kerangka Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kota Surabaya. Tidak keluar atau berjalan sendiri-sendiri, namun dalam konteks gugus tugas," ucapnya.

Sebelumnya, Wakapolrestabes Surabaya AKBP Hartoyo mengatakan pihaknya telah memeriksa beberapa orang yang tampil dalam pagelaran seni yang menggelar kegiatan di Alun-alun Surabaya tersebut.

"Sudah kita tindaklanjuti. Sudah diperiksa yang tampil-tampil," ungkap Hartoyo saat dikonfirmasi jatimnow.com pada Jumat (21/8/2020) malam.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter