Pagi Buta Itu, Cak Nur Makamkan Jenazah Pasien Covid-19 di Sidoarjo

Editor: Redaksi / Reporter: Narendra Bakrie

Pemakaman jenazah pasien positif Covid-19 di Sidoarjo pada 26 Maret 2020 dinihari yang dipimpin Cak Nur

jatimnow.com - Nur Ahmad Syaifuddin atau Cak Nur pada akhir Maret 2020 memimpin pemakaman salah satu jenazah pasien positif Covid-19 di kawasan Lingkar Timur, Sidoarjo.

Saat itu Cak Nur masih menjabat sebagai Wakil Bupati Sidoarjo. Dengan mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap, dia memimpin proses pemakaman yang berlangsung pada pukul 03.30 Wib.

Saat itu Cak Nur menyampaikan alasannya ikut menurunkan peti jenazah ke lihat lahat dan mengiringi proses pemakaman untuk meyakinkan petugas pemakaman agar tidak takut.

Baca juga: 

"Saya ikut terjun tidak lain agar meyakinkan bapak-bapak penggali yang awalnya memang tidak mau menurunkan peti mati karena mau meninggalkan tempat," ucap Cak Nur saat itu.

Cak Nur saat memimpim pemakaman, akhir Maret 2020Cak Nur saat memimpim pemakaman, akhir Maret 2020

"Saya berikan kepastian, keyakinan bahwasannya semua prosedur sudah bagus, jadi aman. Sudah dilapisi dengan beberapa lapis plastik dan pakai peti," tambahnya.

Saat itu, tiga penggali kubur ragu-ragu untuk melakukan pemakaman pasien positif Covid-19.

"Biar tidak ragu saya ikut. Alhamdulillah saya dibantu dr Anto. Saya juga mohon terjun karena beliau tahu prosedur. Dan Alhamdulillah tiga penggali tadi mau. Saya mohon masyarakat jangan terlalu panik dan takut yang berlebihan," jelasnya.

Hari ini, sekitar pukul 15.00 Wib, Sabtu (22/8/2020), Cak Nur menghembuskan nafas terakhirnya di RSUD Sidoarjo.

Cak Nur yang sudah menjadi Plt Bupati Sidoarjo itu meninggal dunia akibat terpapar Covid-19. Dia ditunjuk sebagai Plt setelah Bupati Saiful Illah terjerat dugaan kasus korupsi.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter