Seorang Pendaki asal Jawa Tengah Dikabarkan Tewas di Gunung Lawu

Pintu masuk Gunung Lawu di Cemoro Sewu (foto dokumen)

jatimnow.com - Angga, asal Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah yang mendaki Gunung Lawu dikabarkan tewas.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan, Ari Budi mengatakan pihaknya menerima kabar tentang tewasnya seorang pendaki itu.

"Kabarnya kami terima tadi pagi sekitar pukul 07.00 Wib, bahwa ada pendaki yang meninggal," katanya, Minggu (23/8/2020).

Menurutnya, diketahui jika survivor (pendaki) naik bersama rombongannya pada Sabtu (22/8) pukul 17.30 wib. Survivor lolos dan diijinkan naik ke puncak dari pintu Cemoro Sewu Kabupaten Magetan.

"Dia lolos sehat karena di cek suhu badan tidak diatas 39 derajat celcius," ujar dia.

Dari keterangan rombongan, survivor merasakan kedinginan saat berada di bawah pos 2. Namun masih terus melakukan pendakian dan diketahui itu pada pukul 24.00 Wib.

"Sampai Pos 2, survivor masih mendirikan tenda bersama teman-temannya. Itu masih baik-baik saja," kata Ari Budi.

Namun pada pukul 02.00 Wib, kondisi pendaki itu kian parah dan teman-temannya berusaha memberikan pertolongan seperti memberikan air hangat dan lainnya.

"Karena kondisinya kian parah, dua teman survivor turun ke pintu gerbang untuk melaporkan kondisi korban. Itu pukul 03.00 Wib," lanjut dia.

Meninggalnya pendaki diketahui pada pukul 07.00 Wib. Sepuluh anggota BPBD Magetan dikirim untuk melakukan evakuasi dengan menggunakan APD lengkap.

Loading...

"Tim belum turun. Tadi pagi sekitar 10 anggota BPBD Magetan naik menjemput korban," pungkasnya.

Berita Terkait