Pandemi Covid-19

Khofifah-Gus Ipul Akan Gelar Konser, Polisi Mengizinkan?

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: REPUBLIKA.co.id Zain Ahmad

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Gus Ipul (Foto: Dok. jatimnow.com)

jatimnow.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan mantan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf atau Gus Ipul sepakat menggelar konser. Polisi mengizinkan?

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko belum bisa dikonfirmasi. Hingga pukul 18.00 Wib, Selasa (25/8/2020), Trunoyuda tidak merespon.

Baru-baru ini, Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran menerbitkan telegram untuk semua kapolres.

"Apabila pemda setempat, instansi di wilayahnya yang mengadakan kegiatan atau acara tertentu dengan mengundang atau mengumpulkan massa dalam jumlah banyak agar dilaksanakan interogasi atau pemeriksaan terhadap panitia penyelenggara," demikian bunyi poin pertama yang ada dalam surat yang diterima redaksi pada Jumat (21/8/2020).

Presiden juga sudah mengintruksikan tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020.

Khofifah maupun Gus Ipul akan mendatangkan Ari Lasso di era normal baru Pandemi Covid-19.

Baca juga:  Khofifah-Gus Ipul Sepakat Gelar Konser Musik

"Ini uji coba pertama di Indonesia dan kebetulan Jatim dipercaya sebagai tempat penyelenggaraan," ujar Gubernur Khofifah.

Menurut dia, pergelaran konser nantinya dipastikan dengan format protokol kesehatan ketat seperti membatasi jumlah penonton, pembelian tiket daring, wajib bermasker hingga menjaga jarak.

Lokasinya, kata Khofifah, direncanakan di panggung terbuka di area wisata Pintu Langit di Desa Ledug, Kabupaten Pasuruan, milik Gus Ipul.

Konser dijadwalkan berlangsung pada 12 September 2020.

Melalui gelaran tersebut, Khofifah berharap industri kreatif dan seni kembali menggeliat, namun dengan sangat kehati-hatian karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

"Jadi ini bertahap, lalu bertingkat dan berlanjut. Penjualan tiketnya secara daring, kapasitas hanya 1.200 orang sampai 1.300 orang dari kapasitas normal mencapai 13 ribu orang, dan digelar sore hari di alam terbuka," katanya.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut juga meminta Gus Ipul untuk bertemu Kapolda Jatim membicarakan pengamanan serta jumlah personil, termasuk dengan TNI.

Sementara itu, Gus Ipul menegaskan pertemuannya dengan gubernur untuk meminta arahan tentang pengembangan wisata di era normal baru.

Gus Ipul yang juga Komisaris Utama PTPN III Holding ini memastikan bahwa pengunjung yang tak bertiket dilarang masuk, namun tetap disediakan media daring agar penikmat musik, khususnya penggemar Ari Lasso menyaksikan konser secara virtual.

"Kami sudah siapkan channel YouTube yang bisa disaksikan langsung dan dari mana saja. Yang jelas, penonton di lokasi nantinya dibatasi dan menerapkan protokol kesehatan sangat ketat," kata Wagub Jatim periode 2009-2019 tersebut.

Selain Ari Lasso, terdapat juga bintang tamu lain yang dijadwalkan menjadi pengisi acara, salah satunya pedangdut Via Vallen, dan host direncanakan Luna Maya.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter