Bhaksi, Harimau Viral dengan Kondisi Kurus itu Pejantan yang Perkasa

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Sahlul Fahmi

Renggani, salah satu anak Bhaksi dari pasangan Gendis di Maharani Zoo Lamongan (Foto-foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Bhaksi, harimau koleksi Kebun Binatang dan Goa Maharani (Maharani Zoo) Lamongan mendadak populer layaknya artis setelah videonya dalam kondisi kurus viral di media sosial. Di masa mudanya, Bhaksi adalah pejantan yang perkara.

Bhaksi adalah harimau Sumatera atau Panthera Tigris Sumatrae yang lahir di Kebun Binatang Ragunan Jakarta. Pada usia sekitar satu tahun atau 2006, Bhaksi dipindahkan ke Kebun Binatang Surabaya (KBS).

Setelah dua tahun menghuni KBS, Bhaksi bersama harimau betina bernama Zora kemudian dimutasi ke Maharani Zoo Lamongan. Di tempat barunya ini, Bhaksi bersama pasanganannya Zora memiliki anak jantan bernama Troy yang lahir pada 4 Juni 2020.

Baca juga:  Viral Video Harimau Sumatera dengan Kondisi Kurus, Ini Penjelasannya

"Troy kini usianya sekitar 10 tahun," kata Wahyudi perawat hewan di Maharani Zoo saat ditemui jatimnow.com, Selasa (7/9/2020).

Raung, salah satu anak Bhaksi dari pasangan Gendis di Maharani Zoo LamonganRaung, salah satu anak Bhaksi dari pasangan Gendis di Maharani Zoo Lamongan

Bhaksi juga pernah dipinjamkan ke Secret Zoo Jatim Park 2 Kota Batu. Di sana Bhaksi dipasangkan dengan betina lain dan memiliki dua anak. Setelah itu Bhaksi dikembalikan lagi ke Maharani Zoo.

Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah II Gresik, RM Wiwied Widodo menyebut, Bhaksi adalah harimau jantan yang produktif. Dari pasangan harimau bernama Gendis, Bhaksi memiliki tiga keturunan, yaitu satu jantan dan dua betina.

"Nama anak-anak Bhaksi dari Gendis adalah Raung, Renggani dan Rani. Kebetulan yang memberi nama adalah Menteri Kehutanan RI Ibu Siti Nurbaya," ucap Wiwied.

Sementara Laily Purnamasari, dokter hewan Maharani Zoo mengungkapkan jika ketiga anak Bhaksi dari pasangan Gendis itu lahir pada 2 Juli 2019.

Rani, salah satu anak Bhaksi dari pasangan Gendis di Maharani Zoo LamonganRani, salah satu anak Bhaksi dari pasangan Gendis di Maharani Zoo Lamongan

"Meski baru berusia satu tahun lebih, tapi secara fisik, Raung, Renggani dan Rani memiliki tubuh yang ideal. Mereka tumbuh dengan sehat dan normal," ujar Laily.

Sehatnya pertumbuhan hewan-hewan yang berada Maharani Zoo tidak lepasa dari pengelolaan yang sesuai dengan prosedur dan standar yang berlaku. Selain kesehatan, asupan gizi hewan di kebun binatang ini juga terpenuhi dengan baik.

"Pemberian makan kepada harimau ini rata-rata perhari menghabiskan empat sampai lima kilogram daging untuk tiap ekor harimau. Dan ukuran tersebut sudah sesuai dengan porsi makan harimau," jelasnya.

Hewan buas koleksi Maharani Zoo saat ini yaitu Harimau Benggala 5 ekor, harimau Sumatera 8 ekor, singa putih 4 ekor, singa coklat 1 ekor dan leopard 1 ekor.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter