Mulai Bangkit, Pedagang Kubis Segar di PIOS Penuhi Pengusaha Kuliner

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Sahlul Fahmi

Pedagang kubis segar di PIOS

jatimnow.com - Daerah penghasil kubis di Jawa Timur seperti Malang, Probolinggo, Jember dan Blitar panen raya. Tak heran jika pasokan kubis segar di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) melimpah.

Dikutip dari wikipedia, kubis segar mengandung banyak vitamin (A, beberapa B, C, dan E). Kandungan Vitamin C cukup tinggi untuk mencegah skorbut (seriawan akut).

Mineral yang banyak dikandung adalah kalium, kalsium, fosfor, natrium, dan besi. Kubis segar juga mengandung sejumlah senyawa yang merangsang pembentukan glutation, zat yang diperlukan untuk menonaktifkan zat beracun dalam tubuh manusia.

Salah satu pedagang sayur si PIOS, Bu Surip mengatakan melimpahnya kubis segar karena mendapatkan pasokan langsung dari petani hingga 5 ton per harinya.

"Beberapa daerah penghasil kubis sedang panen bareng. Jadi barang di pasaran berlimpah," kata Bu Surip, Sabtu (12/9/2020).

Meski pasokan di PIOS melimpah, namun permintaan sayuran yang bisa dijadikan lalapan atau sayur sop itu turut meningkat karena pengusaha kuliner di berbagai daerah seperti Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Bangkalan mulai kembali menggeliat.

"Selain para pedagang dari pasar daerah di sekitar Surabaya, seperti Sidoarjo, Gresik, Lamongan dan Bangkalan. Para pelanggan saya juga banyak pengusaha kuliner partai besar. Usaha mereka mulai kembali bangkit," ujar dia.

Ia mengaku lebih sering mendatangkan kubis dari Probolinggo dan Malang sebab dinilai lebih fresh.

"Kalau dari Probolinggo dan Malang biasanya kondisinya lebih segar," tandasnya.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

 

 

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter