Pixel Codejatimnow.com

Pilwali Surabaya 2020

Tes Swab Kedua, Machfud Arifin: Hasilnya Saya Serahkan Allah Ta'ala

Editor : Sandhi Nurhartanto  Reporter : Jajeli Rois
Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin - Mujiaman Sukirno menjalani tes swab kedua kalinya
Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin - Mujiaman Sukirno menjalani tes swab kedua kalinya

jatimnow.com - Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin - Mujiaman Sukirno menjalani tes swab kedua kalinya di Graha Amerta Rumah Sakit Umum dr Soetomo Surabaya.

Pasangan cawali-cawawali Surabaya yang diusung koalisi 8 partai, PKB, PAN, Gerindra, Demokrat, PPP, NasDem, Golkar dan PKS serta 1 partai pendukung Perindo, tiba di Graha Amerta pada Kamis (17/9/2020) pagi. Sekitar 5 menit, Machfud Arifin dan Mujiaman sudah keluar dari Graha Amerta.

"Harapan saya betul-betul saya ini sudah negatif dan tidak dikhawatirkan bisa kena ke orang lain," ujar Machfud Arifin usai menjalani tes swab.

Mantan Kapolda Jatim ini menerangkan, di lingkungan keluarga yang paling takut jika ada yang positif Covid adalah istrinya, Ny Lita Machfud Arifin.

"Yang paling takut nomor satu adalah istri saya. Tapi saya tidak ada masalah dengan istri. Ibu negatif. Anak-anak saya negatif. Saya pun membatasi diri dengan anak saya supaya jangan ketularan. Lingkungan saya juga jangan ketularan," tuturnya.

Ia menerangkan, sehari-hari biasanya menyapa warga hingga 9 titik. Kemudian dirinya mengalami gangguan pada tenggorokan dan suaranya mengalami parau.

Kemudian, ada satu anggota tim yang biasanya mengikuti kegiatan sapa warga, istrinya sakit dan dirawat di rumah sakit. Ternyata anggota tim tersebut juga ikut sakit.

Baca juga:
Gelar Turnamen Kampus, Himpuni Kompak Beri Perhatian Khusus Atlet Muda Golf

Machfud pun berinisiatif melakukan rapid tes, dan hasilnya negatif. Dokter pribadinya menyarankan tidak perlu melakukan swab karena tidak ada gejala klinis, hasil foto thorax juga bagus, hasil laboratorium juga bagus. Namun, dengan inisiatif sendiri, Machfud melakukan tes swab dan hasilnya positif.

Karena positif, Machfud menjalani isolasi mandiri di rumahnya, tapi tidak selantai dengan istri dan anak-anaknya. Isolasi mandiri itu sesuai anjuran dokter pribadinya dan berdasarkan WHO, peraturan menteri kesehatan dan anjuran dari profesi dokter.

Setelah menjalani isolasi mandiri dan sebelum mendaftar ke KPU Kota Surabaya, Machfud melakukan tes swab lagi dan hasilnya negatif.

Pasca pendaftaran dan saat menjalani tes swab di Graha Amerta, hasilnya positif. Padahal kondisi klinisnya bagus, dan suaranya sudah tidak parau lagi. Dan Kamis hari ini, Machfud Arifin bersama Mujiaman menjalani tes swab.

Baca juga:
Antisipasi Lonjakan Covid-19 Usai Lebaran, Swab-Vaksin Digencarkan di Surabaya

"Meski kondisi saya wes (sudah) biasa, saya tetap menggunakan masker sesuai prioritas utama protokol kesehatan Covid-19," katanya.

"Saya bersyukur bahwa saya kena tapi saya tidak pernah masuk rumah sakit. Cukup isolasi mandiri dan saya sekarang saya sudah prima. Hasilnya nanti seperti apa, saya serahkan ke Allah Ta'ala," jelasnya.