Kenalkan! Ini Dia Bobota, Robot Canggih Milik Polres Bojonegoro

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Narendra Bakrie

Bobota, robot canggih ciptaan Polres Bojonegoro

jatimnow.com - Polres Bojonegoro meluncurkan robot canggih dengan beberapa fungsi yang akan membantu anggota dalam melakukan patroli di masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Robot canggih itu diberi nama Bobota (Robot Bojonegoro Tangguh). Robot ini diciptakan untuk mendukung Kampung Tangguh Semeru, program andalan Kapolda Jatim, Irjen Pol Fadil Imran.

"Ada enam fitur dalam Bobota ini," kata Wakapolres Bojonegoro, Kompol Rendy Surya kepada jatimnow.com, Selasa (6/10/2020).

Rendy menyebut, robot ini bisa mendeteksi para pelanggar protokol kesehatan di tempat umum, salah satunya mendeteksi warga yang tidak bermasker.

Robot milik polres yang dipimpin AKBP Budi Hendrawan ini dikendalikan dari ruang posko Kampung Tangguh Semeru di Mapolres Bojonegoro melalui jaringan internet.

"Harapannya dengan Bobota ini, mampu membantu kepolisian dalam pelaksanaan tugas patroli yang aman, modern dan inovatif di masa Pandemi Covid-19 di wilayah hukum Polres Bojonegoro," tambah Alumni Akpol Tahun 2005 ini.

Berikut fitur yang dimiliki Bobota dengan teknologi serba digital:

1. Kamera ALPR (Automatic License Plate Recognition)
Kamera yang dapat mendeteksi tanda nomor kendaraan bermotor secara otomatis, merekam, serta menyimpan data nomor kendaraan bermotor. Sehingga pendataan plat nomor kendaraan dapat dilakukan pada saat kegiatan patroli dan dilengkapi alarm apabila ada nomor kendaraaan yang masuk dalam blacklist.
2. AI Camera (FaceMask Detection Alert)
Menggunakan pemanfaatan AI dan IoT yang dapat mendeteksi setiap masyarakat yang tidak menggunakan masker dan dilengkapi dengan imbauan untuk penggunaan masker.
3. Video Call
Merupakan salah satu fitur untuk berkomunikasi dua arah antara masyarakat dan petugas guna untuk meminimalisir kontak langsung.
4. Announcement Speaker
Dilengkapi dengan empat buah speaker yang dapat digunakan untuk memberikan pengumuman, imbauan dan play audio.
5. Mobile Traffic Light
Modul lampu pengaturan lalu lintas empat arah yang dilengkapi dengan extension ketinggian yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
6. PTZ Camera 270ᵒ dan Camera 360ᵒ
Merupakan kamera yang dapat berputar baik 270ᵒ atau 360ᵒ yang bertujuan untuk mengetahui kondisi dari arah tertentu.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter