UEFA Nations League 2020/21, Jerman Kalahkan Ukraina 2-1

Editor: REPUBLIKA.co.id / Reporter: REPUBLIKA.co.id

Para pemain Jerman merayakan gol Mathias Gitner ke gawang Ukraina (Foto: EPA-EFE/SERGEY DOLZHENKO)

jatimnow.com - Tim nasional Jerman meraih kemenangan perdana mereka dalam UEFA Nations League 2020/21 Divisi A Grup 4 (A4). 

Jerman memastikan kemenangan 2-1 atas tim nasional Ukraina pada lanjutan kompetisi UEFA Nations League Liga A Grup 4 di Stadion NSK Olimpiyskiy, Kiev, Minggu (11/10) dini hari Wib.

Gol Jerman dilesakkan Matthias Ginter pada menit ke-20 dan Leon Goretzka pada menit ke-49, sedangkan gol balasan Ukraina lahir dari titik putih melalui kaki Ruslan Malinovskyi pada menit ke-76.

Anak asuh Joachim Loew langsung mengambil inisiatif serangan sejak menit awal berbunyi. Namun, kebuntuan baru terpecah di menit ke-20, Jerman sukses mencuri keunggulan melalui Matthias Ginter. Meski unggul satu gol, Jerman tak lantas mengendurkan serangan.

Skuat besutan Joachim Loew tetap memberi tekanan. Pada menit ke-31, tim tamu hampir saja menambah gol saat Joshua Kimmich melayangkan tembakan spekulasi dari luar kotak penalti. Namun, Bushchan bisa menepisnya kali ini.

Peluang emas kembali diciptakan Jerman empat menit berselang. Namun, umpan silang yang dilepaskan penggawa Bayern Muenchen, Kimmich masih bisa ditangkis oleh Buschan.

Hingga peluit turun minum skor 1-0 untuk keunggulan Jerman masih bertahan. Empat menit pertandingan babak kedua berlangsung, kiper tuan rumah melakukan kesalahan ketika mencoba menghalau bola dari Klotermaan.

Bola yang tergelincir dari tangan Bushchan langsung disambar oleh Goretzka yang mengarahkannya ke gawang. Gol memastikan Goretzka selalu mencetak gol untuk Die Mannschaft pada empat pertandingan terakhir.

Bushchan seolah jadi aktor utama dalam pertandingan kali ini dan melakukan dua penyelamatan gemilang beruntun atas tembakan Gnabry dan sepakan voli Lukas Klostermann demi mencegah gawang Ukraina kebobolan lagi.

Ukraina membalas pada menit ke-76 saat Roman Yaremchuk dijatuhkan di dalam area terlarang dan tendangan penalti sukses dikonversi Malinovskiy untuk memperkecil ketertinggalan 1-2.

Tapi momentum itu gagal dimanfaatkan oleh Ukraina yang harus menutup laga dengan tangan hampa setelah keunggulan Jerman bertahan hingga bubaran.

Pasukan Andriy Shevchenko mengalami kesulitan ketika Jerman melakukan tekanan. Namun, Malinovskyi akhirnya mendapatkan kesempatan menambah satu gol untuk Ukraina.

Hasil akhir 2-1 untuk Jerman berakhir hingga peluit panjang.

Dengan hasil ini, Jerman menempati posisi kedua dengan lima poin hasil dari satu menang dan dua imbang, sedangkan Ukraina berada di posisi ketiga dengan tiga poin. Spanyol mengukuhkan peringkat pertama setelah menang atas Swiss 1-0.

Jerman akan menghadapi Spanyol pada 17 November mendatang. Namun sebelum itu, Jerman akan menghadapi juru kunci pada 13 Oktober.

Berikut susunan pemain Ukraina : 4-2-3-1

Pemain : George Buschan; Alexander Karavaev, Illia Zabaryani, Mykolenko, Eduard Sobol; Ruslan Malinovsky, Sydorchuk; Andriy Yarmolenko, Viktor Kovalenko, Viktor Tsiganov; Roman Yaremchuk

Pelatih : Andriy Shevchenko

Berikut susunan pemain Jerman : 3-4-2-1

Pemain : Manuel Neuer; Antonio Rudiger, Niklas Sule, Matthias Ginter; Marcel Halstenberg, Toni Kroos, Joshua Kimmich, Lukas Klostermann; Julian Draxler, Leon

 

Lihat Artikel Asli

DisclaimerBerita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter