Warna Jingga dan Lebih Manis, Semangka Inul di PIOS Diburu Pengunjung

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Sahlul Fahmi

Semangka inul dari Lamongan yang dagingnya berwarna jingga

jatimnow.com - Selain menjadi pemasok utama buah melon sunrise, para petani di Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan juga menjadi andalan para pedagang di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) mendapatkan semangka inul.

Salah satu pedagang buah di PIOS, Komang mengatakan buah semangka inul yang memiliki bentuk lonjong memiliki banyak penggemar.

Karena itu permintaannya juga cukup tinggi. Guna memenuhi kebutuhan itu Komang mendapatkan pasokan semangka inul dari beberapa daerah di Jawa Timur, salah satunya adalah dari Pucuk, Lamongan.

"Semangka inul memang dipasok dari beberapa daerah, namun yang terkenal paling enak itu dari Kecamatan Pucuk Lamongan," kata Komang saat ditemui di lapaknya yang terletak di Blok D PIOS, Minggu, (11/10/2020).

Ia menjelaskan, kelebihan semangka inul dari Pucuk Lamongan adalah dagingnya yang berwarna jingga. Sedang untuk rasanya lebih manis jika dibanding dengan semangka inul dari daerah lain.

"Kalau semangka inul dari daerah lain dagingnya berwarna kuning, tapi kalau semangka inul dari Pucuk Lamongan ini warnanya jingga. Rasanya lebih manis," jelasnya.

Kebutuhan semangka inul di lapak milik Komang rata-rata perhari mencapai 1 ton hingga 1,5 ton. Sedangkan untuk harga semangka inul di lapak milik Komang dibanderol Rp 4 ribu per kilogram.

"Semangka inul dari Pucuk Lamongan ini dikirim menggunakan mobil pikap dua hari sekali. Kalau kapasitas angkutnya antara 2 ton hingga 2,5 ton," pungkas Komang.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

 

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter