Krisis Air Lahan Pertanian, Kementan Bakal Bangun Embung di Kota Batu

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Galih Rakasiwi

Pertanian di Batu

jatimnow.com - Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) RI akan membangun embung di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji guna mengatasi krisi air di lahan pertanian wilayah utara Kota Batu.

Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kota Batu, Sugeng Pramono mengatakan ketersediaan air ada di kawasan hulu Sungai Brantas. Disalurkannya program ini karena Kota Batu identik dengan wilayah agraris.

"Tapi karena lahan-lahan pertanian dicetak pada topografi perbukitan, membuat distribusi air mengalami kesulitan. Kami masih mencari lokasi yang pas untuk pembangunan embung," katanya, Senin (12/10/2020).

Menurutnya, pembangunan embung pernah terealisasi di Dusun Sabrang Bendo, Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Sugeng berharap embung bisa memenuhi ketersediaan air untuk aktivitas pertanian. Utamanya di Sumber Brantas yang memproduksi berbagai komoditas unggulan seperti kentang hingga wortel.

"PSP dan Dispertan bakal meminta petani untuk memberi usulan lokasi yang mudah dijangkau untuk pengairan ke lahannya. Agar memudahkan penyaluran air terutama yang berada di perbukitan," jelasnya.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter