Sandang Status Kinerja Sangat Tinggi, Ponorogo Terima Penghargaan LPPD

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Gubernur Jatim Khofifah menyerahkan penghargaan dari Kemendagri kepada Pemkab Ponorogo

jatimnow.com - Kabupaten Ponorogo kembali menorehkan prestasi. Kabupaten dengan julukan Bumi Reog ini menjadi daerah dengan status kinerja sangat tinggi.

"Alhamdulillah Ponorogo memperoleh skor 3,1249 pada kinerja LPPD-nya," ujar Plt Bupati Ponorogo, Soedjarno dalam siaran pers yang diterima jatimnow.com, Minggu (18/10/2020).

Soedjarno menerangkan bahwa kinerja yang dinilai meliputi anggaran hingga pelayanan kepada masyarakat. Atas prestasi tersebut, Ponorogo masuk dalam daftar penerima penghargaan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Tahun 2018.

Penghargaan itu diberikan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, yang kemudian diserahkan ke Pemkab Ponorogo.

"Selain Ponorogo, seluruh kabupaten dan kota di Jawa Timur juga mendapatkan penghargaan. Sebab Jawa Timur mendapatkan LPPD Tahun 2018 tertinggi se Indonesia dari Kementerian Dalam Negeri," bebernya.

Menurutnya, penghargaan LPPD itu diberikan kepada pemerintah daerah dengan berbagai penilaian. Yaitu dengan menggunakan Indikator Kinerja Kunci (IKK) untuk setiap pengukuran.

Penilaian itu mulai dari pengambil kebijakan, pelaksana kebijakan serta pelaksanaan urusan pemerintahan yang nantinya menghasilkan peringkat kinerja daerah secara nasional.

"Penilaian di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota sama saja. Semuanya secara keseluruhan dinilai. Mulai dari sisi anggaran, perencanaan, pelaksanaan sampai pelayan kepada masyarakat jadi indikator pengukuran," papar Soedjarno.

Soedjarno menyebut bahwa capaian ini adalah hasil kinerja seluruh elemen di Pemkab Ponorogo. Di tingkat provinsi, tentu ini adalah capaian dari semua kabupaten dan kota sehingga memang perlu diapresiasi.

"Harapannya, penghargaan ini bisa memotivasi para ASN dan seluruh unsur di Pemkab Ponorogo untuk makin meningkatkan kinerjanya dalam segala sisi," pungkas dia.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter