Sidang Hak Paten Konstruksi, Hakim Tolak Eksepsi Terdakwa

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Zain Ahmad

Pengadilan Negeri (PN) Sidoarjo

jatimnow.com - Ketua Majelis Hakim Achmad Peten Sili menolak eksepsi terdakwa Ryantori Angka Raharja terkait kasus dugaan penjilplakan hak paten yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Sidoarjo, Selasa (20/10).

Dalam amar putusannya, Achmad Peten Sili menyatakan menolak keseluruhan eksepsi terdakwa karena telah memasuki pokok perkara. 

Baca juga: Sidang Hak Paten Konstruksi, Jaksa Minta Hakim Tolak Eksepsi Terdakwa

Ia juga meminta Jaksa Penuntut Umum (JPU) Satya Wirawan dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidoarjo untuk melanjutkan perkara ini ke tingkat pembuktian.

"Menolak eksepsi kuasa hukum terdakwa, dan memerintahkan kepada jaksa penuntut umum untuk melanjutkan sidang untuk pembuktian dengan menghadirkan saksi-saksi," kata Achmad Peten Sili.

Terdakwa digugat oleh PT Katama Suryabumi karena diduga menjiplak Konstruksi Sarang Laba-Laba (KSLL) yang hak patennya dari Kementrian Hukum dan HAM sejak tahun 2004.

PT Cipta Anugerah Indotama dengan Ryantori sebagai direktur mengklaim telah menyempurnakan Konstruksi Sarang Laba-Laba dengan temuan baru berupa Jaring Rusuk Beton Pasak Vertikal (JRBPV) yang kini juga mempunyai hak paten yang berbeda.

Selain itu terdakwa diketahui sering mengadakan seminar di beberapa tempat dan mengklaim jika KSLL merupakan konstruksi palsu. Selama bertahun-tahun Ryantori mendapatkan royalti dari PT Katama Suryabumi.

"Akan tetapi beberapa tahun terakhir Ryantori membantah jika menerima royalti dan menyebut KSLL masih haknya," jelas Yudhi Prabawa selaku pelapor. 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter