Ini Langkah Pedagang PIOS Meningkatkan Penjualan ke Pelanggan

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Sahlul Fahmi

Para pedagang di PIOS mengirim informasi kepada pelanggannya

 

jatimnow.com - Para pedagang sayur dan buah segar di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) menjaga komunikasi dengan para pelanggan untuk memperlancar usahanya.

Selain itu, komunikasi dilakukan para pedagang PIOS agar para pelanggan mendapatkan informasi terkini mengenai komoditi yang tersedia di pasar yang berada di kawasan Benowo, Surabaya itu.

Salah satu cara yang digunakan para pedagang untuk berkomunikasi dengan para pelanggan adalah dengan membuat status atau story di aplikasi WhatsApp (WA).

Salah satu pedagang di PIOS, Sony mengungkapkan jika dirinya aktif membuat status atau story WA yang berisi foto atau video tentang komoditi yang berada di lapaknya. Cara ini dirasa cukup efektif karena bisa tersampaikan kepada semua pelanggannya.

"Hampir semua pelanggan saya memiliki handphone android dan menggunakan aplikasi WhatsApp. Karena itu dengan membuat status di WA maka para pelanggan bisa mendapatkan update mengenai barang dagangan saya," kata Sony, Rabu (21/10/2020).

Pedagang asli Sumatera Barat itu juga mengatakan jika status yang diunggah tersebut ternyata menjadi salah satu pemicu bagi para pelanggan untuk berinteraksi.

"Dari status tersebut biasanya para pelanggan ada yang memberikan pesan secara pribadi untuk menanyakan lebih lanjut mengenai komoditi dari status saya," ujarnya.

Senada, pedagang buah yang lapaknya berada di Blok D PIOS, Sutrisno mengatakan untuk mempercepat dagangannya laku maka dirinya aktif mempromosikan kepada pelanggan.

"Kalau ingin dagangan kita cepat laku, kita juga harus aktif jemput bola dengan memberikan informasi pada pelanggan seputar dagangan kita," kata Sutrisno.

Meski sama-sama memberikan informasi melalui WA, namun Sutrisno lebih memilih untuk mengirim pesan secara langsung kepada para pelanggannya.

"Kalau mengirim pesan pribadi bisa langsung tersampaikan. Tapi kalau hanya pasang status terkadang tidak semua pelanggan melihatnya," pungkasnya.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

 

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter