Kenalkan, Ini Dia Wisata Edukatif Brau, Kota Batu

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Galih Rakasiwi

Peresmian wisata edukasi susu Brau di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu

jatimnow.com - Destinasi wisata edukasi di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu dilaunching Wali Kota Dewanti Rumpoko, Jumat (23/10/2020).

Banyak hal menarik yang diyakini bisa mendatangkan animo wisatawan lokal maupun mancanegara. Seperti potensi keindahan alam yang berada di antara lembah Gunung Banyak, udara sejuk segar, kultur kehidupan pedesaan dan produksi susu melimpah yang bisa dikembangkan.

Untuk mendukung pelayanan prima kepada wisatawan, Wali Kota Dewanti menugaskan Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu memfasilitasi akses jalan, penerangan lampu dan lainnya.

"Dusun Brau memang berada di lokasi terpencil. Mengingat tempatnya yang berada di antara lembah yang indah dan subur. Namun Brau punya potensi luar biasa, antara lain produksi susu sapi yang melimpah dan keindahan alamnya yang sangat mendukung," jelas Wali Kota Dewanti.

Wali Kota Dewanti berharap Brau bisa jadi wisata edutif bagi wisatawan atau pelajar. Contoh bagaimana cara merawat sapi, memerah susu hingg bercocok tanam sayuran.

Peresmian wisata edukasi susu Brau di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota BatuPeresmian wisata edukasi susu Brau di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu

"Kehidupan di Brau bukan hanya aktivitas. Tapi dengan adanya wisata sapi, masyarakat akan lebih sejahtera. Dengan begitu visi Desa Berdaya Kota Berjaya bisa berjalan dan berdampak pada kesejahteraan masyarakatnya," paparnya.

Sementara Kepala Disparta Kota Batu, Arief As Siddiq memaparkan, selain pemandangan alam, sapi dan susunya, kultur gotong royong masyarakat di Dusun Brau juga bisa jadi daya tarik untuk di-explore. Brau juga berdekatan dengan wisata paralayang, taman langit, gua pinus dan kampung papua.

"Itu menjadikan Brau luar biasa. Dari latar belakang itulah Disparta Kota Batu juga berkeinginan menjadikan Brau sebagai salah satu destinasi wisata di untuk menarik kunjungan wisatawan," jelas Arief.

Tak hanya diresmikan, Disparta Kota Batu juga bakal menggelar pelatihan peningkatan SDM, fasilitas hingga promosi untuk dikenalkan pada wisatawan. Baik wisatawan domestik atau mancanegara.

"Desa Gunungsari juga memiliki potensi lainnya untuk dipaketkan. Melihat banyak potensi wisata yang memiliki daya tarik," ungkapnya.

Beberapa destinasi wisata lainnya yang bisa dikembangkan seperti petik mawar, pinarak negeri lampion, secret valley, kampung LA, petik jeruk dan kesenian kuda lumping.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter