Tersedia di PIOS, Kecambah Ale Penuh Manfaat untuk Tingkatkan Imunitas

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Sahlul Fahmi

Kecambah ale tersedia di PIOS

jatimnow.com - Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dikenal sebagai pasar grosir yang menyediakan berbagai macam jenis sayur segar dan buah. Salah satu jenis sayuran yang tersedia adalah kecambah ale.

Kecambah ale ini merupakan jenis tauge yang terbuat dari biji klampis dan biasanya tersaji dalam masakan yang dicampur dengan sayur terong, lodeh, tumisan, gulai Ikan Nus, mangut dan lainnya.

Sayuran yang berguna untuk imunitas tubuh itu memiliki beragam manfaat karena memiliki kandungan protein dan besi. Berdasarkan data Kemenkes RI (TKPI), setiap 100 gram ale segar mengandung 248 mg fosfor, 4,4 gram protein dan 2,0 mg besi. Ini menunjukkan bahwa kandungan fosfor, protein dan besi termasuk tinggi dan cukup tinggi.

Selama ini para pelanggan PIOS yang membutuhkan kecambah ale mengunjungi lapak khusus sayur yang berada di Blok F dan G. Salah satunya adalah lapak milik Pak Kirun.

Kebutuhan untuk ale sendiri memang tidak sebanyak permintaan kecambah dari kacang hijau atau dari kedele. Kecambah ale yang masuk ke pedagang di PIOS dipasok dari daerah Jombang.

"Kalau kecambah ale selama ini hanya dipasok dari Jombang. Kalau dari daerah lain tidak ada," kata Pak Kirun, Rabu (28/10/2020).

Adapun harga kecambah ale di lapak milik Pak Kirun untuk saat ini berkisar dari harga Rp 12 ribu hingga Rp 15 ribu per kilogram.

"Kalau penjualan kecambah ale di lapak saya perhari rata-rata 100 kilogram," pungkasnya.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

 

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter