Gagal Lihat Blue Fire di Kawah Ijen, Bu Menteri Cs Disambut Bulan Purn

Editor: Budi Sugiharto / Reporter:

Bupati Azwar Anas saat diapit oleh Srimulyani dan Luhut Pandjaitan serta Gubernur BI Agus D.W Martowardojo

jatimnow.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati serta Gubernur BI Agus D.W Martowardojomendaki Gunung Ijen di Banyuwangi.

"Luar biasa, banyak potensi wisata yang ada di Banyuwangi yang perlu untuk kita angkat sebagai destinasi wisata,” kata Sri Mulyani saat di Gunung Ijen, Kamis (1/3/2018) malam.

Meskipun, tidak dapat melihat secara langsung fenomena alam api biru atau blue fire. Namun, kelelahan saat tiba di bibir kawah Gunung Ijen sekitar Pukul 03.00 dini hari bersama rombongan lainnya terbayarkan.

Mereka tampak menikmati hamparan pemandangan alam yang masih alami. Bu Menteri tak henti-hentinya selfie. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas ikut mendampingi banyak mengumbar senyum dan tak henti-henti memberikan penjelasan.

"Karena kami ke sini setelah ada hujan tidak bisa melihat blue fire. Tetapi kami disuguhi oleh bulan purnama," ucap Sri Mulyani.

Sementara, Luhut Binsar Pandjaitan mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan seluruh tempat-tempat wisata.

Dirinya juga meyakini bahwa kalau tempat wisata tersebut dapat dijaga dengan baik bukan tidak mungkin Indonesia akan menjadi negara yang spektakuler dan di senangi banyak orang.

"Wah ini sangat luar biasa, dan ini akan kita tata ramai-ramai demi kebaikan semua, harus bisa," kata Luhut.

Melihat potensi yang besar, ia berniat untuk mengajak Bupati Azwar Anas untuk menghadiri acara spring meeting di Washington DC untuk “jualan” pemandangan Gunung Ijen. Sedangkan untuk progres kereta gantung yang sempat diwacanakan sejak tahun lalu, dirinya mengaku akan membicarakannya kemudian.

"Karena apa, ini untuk kepentingan industri pariwisata kita juga, kita tata dengan tetap memperhatikan lingkungan," katanya.

Bupati Azwar Anas menanggapi bahwa tawaran dari Menko Kemaritiman tersebut merupakan kehormatan bagi rakyat Banyuwangi. Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan pujiannya secara langsung atas kesungguhan Sri Mulyani dan Luhut Pandjaitan untuk melihat secara langsung pemandangan Gunung Ijen.

"Beliau berdua ini sungguh luar biasa, bayangan saya beliau tidak akan sampai ke atas tapi beliau sampai dan melihat beberapa titik untuk bisa segera di eksekusi," kata Bupati Azwar Anas.

Reporter: Hafil Ahmad
Editor: Budi Sugiharto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter