Ekskavasi Penemuan Batuan Kuno di Desa Langlang, Malang Dilanjutkan

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Galih Rakasiwi

Ekskavasi penemuan batuan kuno di Desa Langlang, Malang

jatimnow.com - Ekskavasi penemuan struktur batu kuno di Desa Langlang, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang kembali dilanjutkan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

Dalam ekskavasi yang sudah berjalan empat hari itu, BPCB Jatim belum berani memastikan situs tersebut berasal dari tahun berapa. Namun Ketua Tim Ekskavasi BPCB Jatim, Muhammad Ichwan memprediksi jika struktur batu bata kuno itu diperkirakan dari masa Mataram Kuno.

"Hasil ekskavasi kita berhasil menemukan batu bata merah kuno berukuran tebal. Berbeda dengan masa Kerajaan Majapahit. Tapi kepastiannya belum tahu saat masa kerajaan apa," uajr Ichwan, Sabtu (7/11/2020).

Menurutnya, batu tersebut ada indikasi adanya pondasi candi yang menampilkan trap tangga menuju ke atas candi sebanyak empat lapis.

"Tapi sisanya sudah hilang dimakan usia. Ada juga indikasi pondasi yang didapat sebagai penampil atau struktur yang menonjol ke arah depan atau barat yang diduga sebagai trap tangga," tambah Ichwan.

Tampak beberapa kotak bata yang terlihat utuh dimana bata tersebut memiliki tebal panjang 35x40 cm, lebar 25x31 cm dengan tebal 9-20 cm dari sudut barat laut dan sudut barat daya yang diketahui keduanya berukuran 6 meter.

"Sekarang kita ekskavasi lanjutan ke arah timur supaya bisa mengetahui denah dan bentuk serta ukuran dari struktur yang diduga sebagai cagar budaya ini," terang dia.

Harapannya dari sudut timur laut dan tenggera agar bisa melihat struktur secara menyeluruh. Nantinya ekskavasi tahap pertama ini akan dilaksanakan sejak tanggal 4-8 November. Kemudian BPCB akan merekomendasikan dari hasil temuan ini agar dapat dilanjutkan ke ekskavasi tahap selanjutnya.

"Yang jelas kami selesaikan dulu ekskavasi tahap pertama ini sampai terlihat seluruh bangunan. Targetnya untuk saat ini kami lihat potensinya seperti apa," pungkasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter