Rapid Test untuk Pedagang hingga Warga di Pasar Benculuk, Banyuwangi

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Rony Subhan

Rapid test di Pasar Benculuk, Banyuwangi

jatimnow.com - Seluruh pedagang di Pasar Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi menjalani rapid test, Senin (16/11/2020). Rapid test dilakukan karena di pasar ini ada tiga klaster, yaitu klaster pedagang dan dua klaster pengajian.

Rapid test digelar di halaman pasar, melibatkan tenaga medis dari dinas kesehatan, Satgas Covid-19 Kecamatan Cluring dan desa serta Puskesmas Benculuk dan Tampo.

Selain pedagang, warga lingkungan sekitar pasar juga didatangkan melalui undangan kusus sebanyak 300 orang untuk menjalani rapid test. Dari 300 orang yang diundang, hanya 175 yang hadir. Hasilnya ada 20 orang reaktif. Mereka akan dilakukan uji swab.

Di Desa Benculuk terdapat 60 orang terpapar Covid-19 dari total keseluruhan. Jumlah terbanyak berada di lingkungan dekat Pasar Benculuk.

"Setelah dilakukan swab sebelumnya, jumlah keseluruhan terdapat 60 orang positif Covid-19," terang Kepala Puskesmas Benculuk, Tatik Setiyaningsih.

Sementara Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Cluring, Yopi Bayu Irawan menjelaskan bahwa dinas kesehatan melaksanakan rapid test massal terhadap tiga klaster dan warga sekitar pasar.

"Rapid massal bertujuan mendeteksi pedagang dan warga di sekeliling pasar. Di Benculuk terdapat tiga klaster. Satu pedangang pasar, dua di antaranya klaster pengajian," tutur Yopi.

Kepala Desa Benculuk, Mudhofir menuturkan bahwa kegiatan screening ini sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di desanya.

"Warga yang terpapar positif sekitar 31 orang dari klaster pengajian di dua tempat yang ada di Desa Benculuk sebelumnya," ungkapnya.

Diketahui, warga yang melakukan rapid test itu dari Dusun Krajan, Bonsari dan Purwosari serta pedagang Pasar Benculuk.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter