Berbagai Bantuan Pemkab Bagi Warga Ponorogo di Masa Pandemi Covid-19

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mita Kusuma

jatimnow.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) menyalurkan berbagai bantuan di masa Pandemi Covid-19.

"Sejak muncul Covid-19 kami ditugaskan menyalurkan bantuan sosial. Baik yang berasal dari APBN yang dikelola oleh Kemensos dan kementerian yang lain maupun APBD provinsi dan APBD Ponorogo," ujar Kepala Dinsos P3A Ponorogo, Supriyadi, Rabu (18/11/2020).

Untuk kementerian sosial (Kemensos), kata dia, sampai bulan ini Bantuan Sosial Tunai (BST) sudah masuk tahap kedelapan. Secara keseluruhan perbaikannya BST ada sembilan tahap.

"Tahap pertama hingga ketiga BST berupa uang senilai Rp 600 ribu. Sedangkan tahap keempat hingga kesembilan uang senilai Rp 300 ribu," terangnya.

Untuk bantuan BST disalurkan kepada 16.527 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sejumlah 29 ribu KPM hingga Bulan Desember.

"Untuk tambahan penerima BPNT sudah menyalurkan 98 ribu KPM," ujarnya.

Sementara Program Keluarga Harapan (PKH), bagi warga yang belum menerima bantuan pangan tunai diberikan tambahan beras 15 kilogram per keluarga selama 3 bulan. Penyaluran mulai Agustus hingga September.

Untuk bantuan dari provinsi ada 2 jenis, pertama Jaring Pengaman Sosial (JPS) dan tambahan suplemen. JPS diberikan kepada 10 ribu keluarga dengan uang Rp 200 ribu per keluarga selama tiga bulan.

"Tambahan suplemen kepada penerima BPNT wilayah perkotaan atau yang di kelurahan senilai Rp 100 ribu," lanjut dia.

Di sisi lain, APBD kabupaten menyalurkan bantuan sosial pangan kepada sejumlah 8.725 KPM berupa sembako senilai Rp 200 ribu selama 2 bulan. Bulan pertama sudah disalurkan Oktober dan tahap kedua dalam tahap proses penyaluran.

Keseluruhan penerima bantuan yang tercatat di Dinsos, untuk BPNT 98 ribu penerima, BPNTD 2.300, PKH 46 ribu, provinsi 10 ribu, BST 16.527, Kabupaten 8.725.

"Itu komunikasikan dengan kita, baik bantuan dari kementerian pertanian, pariwisata dan agama," pungkasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter