Kemnaker: Pengangguran Kini 9,77 Juta Orang Imbas Pandemi Corona

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mita Kusuma

jatimnow.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mencatat adanya peningkatan angka pengangguran dampak Pandemi Covid-19.

"Pandemi ini menimbulkan pengangguran baru yang cukup besar. Tingkat pengangguran sebelum Pandemi Covid-19, jumlahnya 7,07 juta dan sekarang 9,77 juta. Itu data BPS minggu lalu," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemnaker, Anwar Sanusi di Ponorogo, Jumat (20/11/2020).

Kemnaker mendorong agar para pemuda masuk kegiatan pengembangan wirausaha dan mengikuti pelatihan secara online dan diberikan modal.

"Ini penting terus kita kasih modal Rp 2 juta. Tidak besar namun bagi yang memiliki keterampilan bisa dimanfaatkan untuk pengembangan yang sifatnya adalah mikro, bahkan ultra mikro, dengan modal hanya ratusan ribu. Contohnya jual gorengan dan juga untuk membuat desain grafis," ujar dia.

Setelah pelatihan itu, para peserta akan dilakukan pemantauan. Karena mereka terikat dengan satu komunitas virtual yang mana untuk melakukan melihat apa yang telah dilakukan.

"Apakah berhasil atau tidak, ini yang akan kita pantau," kata dia.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter