Kadin Banyuwangi Siap Bersinergi Pulihkan Ekonomi Daerah

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Rony Subhan

Pelantikan Pengurus Kadin Banyuwangi periode 2019-2024

jatimnow.com - Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Banyuwangi periode 2019-2024 resmi dilantik, Kamis (26/11/2020). David Wijaya Tjoek dikukuhkan sebagai ketua.

Pelantikan dilakukan Ketua Umum Kadin Jawa Timur, Adik Dwi Putranto di pendopo kabupaten dengan menerapkan protokol kesehatan. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas juga hadir dalam kegiatan tersebut.

Kepala Kadin Jatim, Adik Dwi Putranto mengatakan, kadin adalah tempat berlindungnya pengusaha dan perusahaan yang kegiatannya menjadi mitra pemerintah untuk meningkatkan perekonomian. Untuk itu kadin diharapkan bisa memberi masukan dan saran untuk penyusunan program ekonomi dan pembangunan daerah.

"Kadin harus bisa memberikan program yang konkret di seluruh sektor perekonomian, meliputi industri, manufaktur, perkebunan, pariwisata maupun sektor-sektor lainnya," ujar Adik.

Adik menilai Kabupaten Banyuwangi memiliki potensi luar biasa baik di sektor pariwisata, pertanian dan banyak sektor lainnya yang butuh pengembangan secara maksimal.

Terkait hal itu, Adik meminta agar Kadin Banyuwangi segera mensinergikan program-programnya dengan program daerah. Misalnya melakukan digitalisasi UMKM untuk menaikkan kelas UMKM di Banyuwangi.

"Ini mendesak sekali. Saat ini baru 20 persen UMKM di Jatim yang sudah tersentuh dengan digital. Apalagi di masa pandemi banyak UMKM yang enggak bisa jualan offline, solusinya ya harus didorong secara online. Ini tugas Kadin Banyuwangi bagaimana menaikkan kelas UMKM sehingga mereka bisa memasarkan produknya secara online. Jika UMKM berkembang, perekonomian otomatis ikut berkembang," paparnya.

Melihat pesatnya kinerja pariwisata dan investasi di Banyuwangi, Adik mendorong kadin setempat untuk menyusun program pengembangan SDM.

"Harapannya, SDM Banyuwangi semakin siap menyambut investasi yang kian berkembangi," tambah Adik.

Ketua Kadin Banyuwangi David Wijaya Tjoek mengaku siap menjalankan tugas-tugasnya berkolaborasi dengan pemkab. Dia berkomitmen untuk terus berinovasi dan kreatif dalam menggali potensi ekonomi di Banyuwangi.

"Melalui jejaring informasi, kita bisa melihat bahwa aktivitas masyarakat dunia di sektor perdagangan, industri dan jasa semakin kompetitif. Sebagai pelaku usaha di Banyuwangi, kita harus pandai membaca sinyal ini. UMKM akan kita dorong untuk bisa lebih berdaya saing," ungkap David.

Dia lantas mengajak kepengurusan kadin yang baru untuk bekerja secara gesit sesuai bidang masing-masing.

"Masing-masing bidang harus segera punya agenda program kerja yang jelas dan terukur," sambung David.

Sementara Bupati Anas berharap kadin dapat berperan aktif membantu pemerintah daerah dalam mengatasi kontraksi ekonomi yang terjadi saat ini. Dengan peran aktif kadin, diharapkan ada percepatan pemulihan perekonomian.

"Semoga Kadin bisa jadi mitra strategis kami dalam pemulihan ekonomi Banyuwangi," jelas Bupati Anas.

Turut hadir dalam pelantikan ini jajaran Forum Pimpinan Daerah dan OPD Kabupaten Banyuwangi, Ketua BPS Banyuwangi Tri Erwandy dan Ketua Kadin Kota Surabaya Ali Affandi.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter