Pilkada Ponorogo 2020

Seniman Reog Obyok Deklarasi Dukung Ipong-Bambang

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mita Kusuma

jatimnow.com - Para pegiat seniman Reog Obyok memberikan dukungan kepada calon pasangan Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni dan Bambang Tri Wahono.

Mereka mendeklarasikan dukungannya di Taman Sukosewu, Desa/Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo, Minggu (29/11/2020).

Salah satu tokoh Reog, Supriyono mengatakan bahwa sumbangsih Ipong untuk seniman sangat banyak. Contohnya adalah tiap tanggal 11 melaksanakan pertunjukan seni Reog di tiap desa.

"Dukungannya terbukti dalam menggiatkan seni Reog. Mulai dari pengadaan alat di desa-desa hingga agenda tampilan Reog yang terjadwal," jelasnya.

Menurutnya, sebelum kepemimpinan Ipong, pagelaran Reog Obyok kurang karena tidak ada perhatian dari pemerintah.

"Sekarang seniman Reog Obyok terperhatikan. Dulu seniman Reog Obyok kebanyakan tidak memiliki alat. Sekarang ada bantuan di desa, berupa alat," ujar Supriyono.

Dari data, ada 80 persen kelompok seniman Reog Obyok memiliki alat untuk tampil. Sehingga keinginan kaum milenial untuk melestarikan kesenian Reog semakin banyak.

"Karena sudah banyak tersedia alat, peminat kaum muda atau milenial semakin bertambah," bebernya.

Ia menyebut, untuk Pilkada 2020 ini seniman Reog Obyok tidak mau diadu domba maupun selisih paham.
Berbagai program seperti bantuan untuk 2.619 kelompok kesenian yang merasakan manfaat bantuan sebesar Rp 57,023 Miliar.

Juga peningkatan kesejahteraan para pelaku seni, pengenalan pentas seni Reog hingga ke kancah Internasional hingga pemecahan rekor MURI yang begitu membanggakan. Dan berbagai program yang berpihak kepada upaya pelestarian dan kemajuan reog di Ponorogo.

Cabup Ipong Muchlissoni hadir secara virtual untuk meminimalisir potensi penyebaran Covid-19.

"Terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada segenap Paguyuban Reyog se-Ponorogo, yang telah memberikan dukungan dan kepercayaan," katanya.

Ipong berpesan, agar pesta demokrasi di Ponorogo dipenuhi dengan kampanye positif dan kegembiraan, dengan nuansa guyub, serta tetap disiplin dalam penerapan protokol kesehatan untuk kebaikan bersama.

"Untuk Reog kami telah memasukkan program pembangunan Museum Reog. Serta bertekad untuk memperbanyak kegiatan festival kesenian khas daerah di tingkat nasional dan internasional sebagai program prioritas yang akan diwujudkan apabila diberikan amanah untuk menuntaskan di periode yang kedua," ujar dia.

"Sebagai penutup, saya mengajak segenap elemen untuk tetap guyub, bahu-membahu melanjutkan keberhasilan mewujudkan visi Kabupaten Ponorogo yang 2 kali lebih maju, berbudaya, dan religius," tambah Ipong.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter