Jamin Kesegaran, Pedagang PIOS Jual Gambas yang Terbungkus Plastik

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Sahlul Fahmi

jatimnow.com - Para pedagang sayur di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) menerima pengiriman gambas segar atau oyong yang telah dibungkus plastik langsung dari petani Pare, Kediri.

"Sejak ada di pohonnya, gambas ini sudah diselongsongi plastik. Ini digunakan untuk melindungi buah dari hama dan pestisida. Yang kedua agar buah bisa bertahan lebih awet," terang salah satu pedagang sayur di Blok F PIOS, Gunadi, Rabu (30/12/2020).

Menurutnya, para petani di Kediri membungkus gambas dengan mengunakan kantung plastik untuk melindungi serangan hama lalat. Dengan adanya wadah atau pembungkus dapat membantu mencegah atau mengurangi kerusakan.

Selain itu, dengan dibungkus plastik saat penanaman maka sayur gambas yang dihasilkan saat panen memliki tekstur yang tebal dibandingkan dengan yang tidak diberi plastik.

"Yang tidak diberi plastik, maka sayur gambas akan lebih lembek dibandingkan dengan yang telah diberi plastik sejak ditanam. Juga penggunaan selongsong plastik agar tetap dijamin kesegarannya saat berada di tangan pengunjung," ujarnya.

Ia menyebut, untuk penjualan sayur yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan itu, Bunadi mengaku rata-rata per hari bisa mencapai 50 hingga 80 kilogram.

"Para pelanggan kebanyakan yang ambil untuk dijual lagi di pasar-pasar tradisional yang ada di Surabaya Raya," tandasnya.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

 

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter