jatimnow.com
Densus 88 Tembak Mati Dua Terduga Teroris Kelompok JAD di Makassar

Ilustrasi

jatimnow.com - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menembak mati dua terduga anggota teroris jaringan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) di Makassar, Rabu (6/1/2021).

Kedua terduga teroris berinisial MR (46) dan SA (23). Mereka ditembak karena melakukan perlawanan saat hendak ditangkap di Villa Mutiara Kelurahan Bulurokeng, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Telah dilakukan penindakan Densus 88 AT Polri terhadap jaringan pok teroris di perumahan Vila Mutiara Biru Kota Makassar, sebanyak 15 orang, 2 di antaranya meninggal dunia karena melakukan perlawanan dengan inisial MR dan SA," ujar Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam saat dikonfirmasi.

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Menurut Merdisyam, kedua tersangka bersama dengan ratusan jamaah lainnya menyatakan baiat kepada kilafah atau ISIS pada Tahun 2015 di Ponpes Arridho Pimpinan Basri yang meninggal di Nusa Kambangan dalam kasus teror.

Mereka juga melakukan kajian khusus pendukung daulah di Villa Mutiara dan Yayasan Arridho.

Kemudian, kata Merdisyam, pada Tahun 2016 silam, bersama keluarga hijrah atau bermaksud bergabung dengan organisasi ISIS di Suriah, tapi dapat dibatalkan di Bandara Soekarno-Hatta.

Mereka juga terindentifikasi melakukan pengiriman dana kepada pelaku bom bunuh diri di Katedral Zolo Filipina, di mana pelaku pok jamaah Villa mutiara.

"Mulai bulan Oktober 2020 pok Villa Mutiara secara rutin lakukan latihan menembak dan naik gunung (idad). Saat dilakukan penangkakan kedua pelaku melakukan perlawanan dengan masing-masing menggunakan senjata tajam jenis parang dan senapan angin jenis PCP," papar Merdisyam.

 

Lihat Artikel Asli

Loading...

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

Berita Terkait