jatimnow.com

Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Hilang Kontak, Ini Kronologinya

Editor : REPUBLIKA.co.id Reporter : REPUBLIKA.co.id
Ilustrasi Pesawat Sriwijaya Air/ Foto: Antara via Republika 🔍
Ilustrasi Pesawat Sriwijaya Air/ Foto: Antara via Republika

jatimnow.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan mengenai kronologi pesawat Sriwijaya Air nomor penerbangan SJ 182 rute Jakarta-Pontianak dengan nomor registrasi PK-CLC yang hilang kontak pada Sabtu (9/1).

Budi mengatakan pesawat tersebut lepas landas pada pukul 14.36 Wib.

Baca juga: Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Rute Jakarta-Pontianak Hilang Kontak

Loading...

"Pukul 14.37 Wib masih (berada di ketinggian) 1.700, kontak diizinkan naik ke ketinggian 29 ribu kaki dengan mengikuti standar instrumen," kata Budi dalam konferensi video, Sabtu (9/1) malam.

Budi melanjutkan, pada pukul 14.40 Wib, petugas ATC di Jakarta melihat dalam pantauannya pesawat tersebut tidak terbang ke arah yang sesuai. Budi mengatakan, pesawat tersebut justru mengarah ke barat laut.

"Oleh karenanya ditanyakan ATC untuk melaporkan arah pesawat. Tidak lama kemudian, dalam hitungan detik SJ 182 hilang dari radar," ujar Budi.

Setelah itu, Budi menuturkan, manajer operasi ATC di Bandara Soekarno-Hatta langsung berkoordinasi dengan Basarnas, bandara tujuan, dan instansi terkait.

Selanjutnya, pada pukul 17.30 Wib, Presiden Joko Widodo memberi arahan untuk memaksimalkan pencarian.

"Tentu sudah dikerahkan kapal Basarnas dan dari TNI AL KRI. Kapal-kapal tersebut sudah di TKP," ungkap Budi.

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan, saat ini pihaknya telah menyiapkan peralatan untuk pencarian pesawat Sriwijaya Air yang hilang di Perairan Pulau Seribu pada Sabtu (9/1).

Ia mengatakan saat ini KNKT telah menyiapkan peralatan untuk pencarian underwater di sekitar Pulau Laki.

"Tapi, utamanya, dari Basarnas yang melakukan pertolongan, kami koordinasi dengan Basarnas," ujar dia dalam konferensi pers hilangnya pesawat Sriwijaya, Sabtu (9/1).

Sejauh ini, KNKT kata dia, masih mengumpulkan berbagai informasi menyoal pesawat tersebut. Hingga kini, pihaknya juga mengabarkan masih berkoordinasi dengan BPBD.

"Perlu kami sampaikan, masyarakat agar bersabar," ucapnya.

Sebelumnya, pesawat komersil Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak dengan nomor penerbangan SJY 182 hilang kontak pada pukul 14.40 Wib.

 

Lihat Artikel Asli

DisclaimerBerita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

 

Loading...