Perbaikan Data, Penerima Bantuan Sosial di Probolinggo Berkurang

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mahfud Hidayatullah

jatimnow.com - Jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) yang menerima Bantuan Pemerintah Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kabupaten Probolinggo berkurang.

"Total berkurangnya KPM Januari 2021 dibandingkan dengan Desember 2020 mencapai 64.798 keluarga yang namanya terhapus dari daftar nama penerima dari Kemensos," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo, Achmad Arief, Rabu (13/1/2021).

Ia menjelaskan, pengurangan itu tidak hanya dialami oleh puluhan ribu KPM di Kabupaten Probolinggo.

"Pengurangan KPM tersebut tidak hanya terjadi di Kabupaten Probolinggo saja. Namun juga di wilayah lain di Jawa Timur juga mengalami pengurangan KPM dari Kemensos," ungkap Arief.

"Daerah hanya menerima bantuan tersebut sesuai data yang tercantum dalam nama KPM dari Kemensos. Bantuannya pun diterima langsung oleh masing masing KPM," imbuhnya.

Menurutnya, pengurangan data KPM itu berdasarkan surat yang diterima dari Kemensos karena penerima bansos meninggal dunia, pindah tempat, bahkan juga ada penerima ganda.

"Jadi pada intinya ada ketidaksepadanan NIK KPM dari Kemensos dengan Dispendukcapil. Nanti sekitar bulan Februari 2021 ada verifikasi dan akurasi data warga miskin di Kabupaten Probolinggo. Jadi warga miskin namanya tercoret dan tidak masuk data, bisa dilakukan penambahan dalam verifikasi faktual. Di situ nanti kembali kita usulkan pada Kemensos," tandasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter