Pixel Code jatimnow.com

Gunung Semeru Kembali Normal, BPBD: Tidak Ada Lagi yang Mengungsi

Editor : REPUBLIKA.co.id Reporter : REPUBLIKA.co.id
Gunung Semeru (Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru via Republika)
Gunung Semeru (Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru via Republika)

jatimnow.com - Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur (Jatim), Satriyo Nur Seno memastikan kondisi di Gunung Semeru kembali normal setelah mengalami erupsi pada Sabtu (16/1).

Seluruh warga yang sempat mengungsi akibat khawatir terjadinya erupsi susulan, saat ini sudah kembali ke rumah masing-masing.

Baca juga: Gunung Semeru Kembali Luncurkan Awan Panas Sejauh 4,5 Kilometer

"Sekarang di kawasan lereng Gunung Semeru sudah landai," ujarnya dikonfirmasi Senin (18/1/2021).

Satriyo melanjutkan, berdasarkan laporan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG), hingga saat ini status Gunung Semeru masih level II waspada.

Artinya potensi erupsi masih ada. Namun, kata dia, warga memang sudah diizinkan kembali ke rumah masing-masih setelah melihat perkembangan dimana Semeru semakin membaik.

"Sudah tidak ada lagi yang mengungsi," ujar Satriyo.

Baca juga:
Warga Terdampak Erupsi Semeru Tempati Huntara-Huntap, Khofifah: Ini Kado Lebaran

Melihat perkembangan yang ada, lanjut Satriyo, seluruh personel atau petugas dari jajaram BPBD Jatim juga sudah ditarik dari bilangan Semeru. Mereka pun digeser ke Kabupaten Jember untuk membantu penanganan banjir di sana.

"Tapi TRC (Tim Reaksi Cepat) BPBD Lumajang masih di sana (lereng Semeru), untuk provinsi tadi malam kami geser ke Jember," kata Satriyo.

 

Lihat Artikel Asli

Baca juga:
Usai 2 Truk Terseret Lahar Dingin Semeru, Warga Tetap Menambang Pasir

DisclaimerBerita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

Loading...

 

 

Loading...