Pixel Code jatimnow.com

Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Status Siaga III

Editor : REPUBLIKA.co.id Reporter : REPUBLIKA.co.id
Gunung Sinabung (Foto BNPB)
Gunung Sinabung (Foto BNPB)

jatimnow.com - Gunung Sinabung, Sumatera Utara kembali berada pada Status Level III (Siaga) karena erupsi yang terjadi pada Rabu (20/1) pukul 05:25 Wib. Namun tinggi kolom abu tidak teramati.

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 55 mm dan durasi sekitar 3 menit 21 detik.

Terkait hal ini, Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung Badan Geologi merekomendasikan agar masyarakat dan pengunjung/wisatawan untuk tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi.

Warga diminta tak beraktivitas di lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak G.Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik," kata Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (20/1).

Selain itu, masyarakat direkomendasikan untuk mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

Baca juga:
12 Perempuan Pencari Butiran Emas di Mandailing Natal Tewas Tertimbun Tanah

Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

 

Lihat Artikel Asli

Baca juga:
Ketua MUI Labuhanbatu Utara Sumut Tewas Dibunuh

DisclaimerBerita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id