Erupsi, Gunung Raung Keluarkan Suara Gemuruh

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Rony Subhan

jatimnow.com - Gunung Raung kembali erupsi hingga mengeluarkan suara gemuruh. Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung mengamati adanya suara gemuruh dalam aktivitas vulkanik, Rabu (27/1/2021).

Interval suara gemuruh terjadi antara 10 menit hingga 30 menit sekali.

"Suara gemuruh terdengar pagi ini dari pukul 07.00 Wib hingga 11.00 Wib. Untuk selanjutnya masih belum terdengar hingga saat ini," ujar Kepala PPGA Raung, Mukijo.

Menurutnya, gemuruh tersebut karena aktivitas vulkanis yang terjadi di dalam kaldera gunung setinggi 3.332 mdpl itu memiliki diameter 2 kilometer sehingga suara terdengar menggelegar.

Sementara cahaya api terpantau dari asap yang membumbung setinggi 500 meter dari puncak gunung.

"Secara umum kondisi Raung masih waspada. Asap kelabu sudah tidak teramati sejak 2 hari terakhir. Dan kemarin hingga kini masih terlihat cahaya api dari pantulan asap," paparnya.

"Untuk lava sampai saat ini belum keluar seperti tahun 2015 lalu. Masih seperti tahun 2020," tambahnya.

Meski adanya suara gemuruh, kata Mukijo, kondisi masyarakat yang berada di lereng Gunung Raung masih aman. Karena lontaran pijar yang dikeluarkan dari dalam Gunung Raung masih terjadi di dalam kaldera.

"Kondisi saat ini masih aman karena aktivitas dampak di sekitar kawah saja. Masyarakat diminta berada di luar zona 2 kilometer," pungkasnya.

Data PPGA Raung hingga pukul 12.00 Wib, terlihat jelas hingga kabut 0-II. Asap kawah tidak teramati. Gempa hembusan terjadi 2 kali dengan amplitudo 3 mm dan durasi 60-61 detik. Gempa Tremor Non-Harmonik terjadi 74 kali dengan amplitudo : 1-9 mm dan durasi 46-438 detik.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter