Indahnya Penampakan Awan di Langit Pasuruan

Penampakan awan lenticular di langit Pasuruan yang diabadikan warga

jatimnow.com - Penampakan awan lenticular menghiasi langit Kabupaten Pasuruan. Fenomena yang tampak indah itu diabadikan sejumlah warga dan diposting di media sosial.

Salah satu akun yang memposting fenomena awan itu adalah Dian Cahya. Dia mengaku melihat awan itu sekitar pukul 06.00 Wib, Rabu (3/2/2021) di Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan.

Loading...

"Pagi ini Lurrr awan hitam dilangit kayak ada pusaran tornado," tulis Dian.

Foto penampakan awan serupa diambil dari sudut pandang berbeda juga diposting akun Mukhammad Aries dan Chuky SangRecpector. Tulisnya, foto itu diambil saat menunggu bus saat hendak pulang bekerja di halte pabrik, Desa Suwayuwo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan.

"Ini foto diambil ketika nunggu bis full semua. Lokasi di pabrik Sampoerna. Dan akhirnya pulang pukul 06.30 Wib," tulisnya.

Kapolsek Sukorejo, AKP Akhmad Sukiyanto mengakui bahwa penampakan awan itu terlihat di wilayahnya.

Sementara Kepala Stasiun BMKG Kabupaten Pasuruan, Sujabar menegaskan jika foto yang tersebar di media sosial itu tersebut bukanlah editan.

"Itu bukan editan," jelas Sujabar.

Dia menerangkan bahwa awan lenticular itu tumbuh di sekitar gunung atau dataran tinggi. Secara umum tidak berbahaya, akan tetapi bagi dunia penerbangan cukup berbahaya. Lantaran pesawat akan mengalami turbulensi atau guncangan jika menabraknya.

"Fenomena ini jarang terjadi dan hanya bersifat momentum atau waktu-waktu tertentu. Biasanya ditandai adanya kecepatan angin yang cukup kuat lebih dari beberapa hari di sekitar pegunungan," paparnya.

Berita Terkait