Pixel Codejatimnow.com

Ratusan Polisi Penyintas Covid-19 di Surabaya Donor Plasma Konvalesen

Editor : Sandhi Nurhartanto  Reporter : Zain Ahmad

jatimnow.com - 120 anggota polisi dari Polda Jatim dan Polrestabes Surabaya penyintas Covid-19 menjalani donor plasma konvalesen di Palang Merah Indonesia (PMI), Jumat (5/2/2021).

120 anggota itu terpilih menjalani donor plasma konvalesen setelah dilakukan screening terhadap 657 polisi.

"Pelaksanaan donor plasma konvalesen yang dilakukan anggota Polda Jatim ini, karena saat ini permintaan akan plasma konvalesen di Indonesia khususnya Jatim meningkat," kata Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta didampingi Kabid Humas Kombes Pol Gatot Repli Handoko dan para pejabat utama (PJU) Polda Jatim serta Polrestabes Surabaya.

Nico mengimbau bagi masyarakat Jatim yang berusia 18 hingga 60 tahun yang telah sembuh dari Covid-19 untuk mendonorkan plasma konvalesen di PMI di kabupaten/kota.

"Bagi masyarakat yang telah sembuh dari Covid-19 silahkan datang ke PMI yang ada di kabupaten/kota. Sementara untuk anggota Polri dapat mendaftar ke Biddokkes Polda Jatim untuk dilakukan screening. Syukur apabila darahnya bisa diperlukan untuk masyarakat lain yang terpapar Covid-19," paparnya.

Pada kesempatan itu, jenderal bintang dua tersebut juga mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) karena Pandemi Covid-19 belum berakhir.

Baca juga:
Dirut PT BWN Diamankan Polisi Gegara Tipu Konsumen Apartemen di Surabaya

"Harapannya dengan kita disiplin melakukan prokes secara otomatis, keluarga kita aman, lingkungan sekeliling kita juga aman dan tentunya Jawa Timur juga makin aman dan sehat," tandasnya.

Sementara itu, Humas UTD PMI Kota Surabaya, Triksi Hendria mengungkapkan pihaknya melakukan donor plasma konvalesen sejak Juni 2020 silam.

Namun kenaikan pendonor mulai terpantau sejak Wakil Presiden Ma'ruf Amin mencanangkan gerakan nasional donor plasma konvalesen pada 18 Januari 2021.

Baca juga:
Nasib Bayi Kembar dan Anak Balita Polwan Bakar Suami di Mojokerto

"Untuk anggota Polri dari Polrestabes Surabaya dan Polda Jatim, sebelumnya sudah ada yang melakukan donor tapi hanya sebagian saja," katanya.

"Tentunya dalam hal ini kami berikan apresiasi, kami juga ucapkan banyak terimakasih pada pihak terkait maupun masyarakat yang turut membantu pelaksanaan donor plasma konvalesen," tambah Triksi Hendria.