jatimnow.com
Tempat Tinggal Difabel di Indonesia Bakal Ditempeli Stiker Khusus

Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma) dalam kungjungannya ke Kabupaten Mojokerto, Jumat (5/2/2021) - Foto: Achmad Supriyadi/jatimnow.com

jatimnow.com - Setiap rumah yang ditempati penyandang disabilitas akan dipasangi stiker khusus. Itu dilakukan untuk mencegah para kaum difabel menjadi korban bila bencana terjadi.

Hal itu disampaikan Menteri Sosial Tri Rismaharini (Mensos Risma) saat meresmikan Milenial Koffie di Dusun Genengan, Desa Banjaragung, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto yang dikelola oleh dua orang mantan anak jalanan.

Dalam peresmian tersebut, Risma didampingi Bupati Mojokerto Pungkasiadi, Dandim 0815 Letkol Inf Dwi Mawan dan Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander.

"Saya akan membuat edaran untuk seluruh daerah. Kemarin saya sudah rapatkan dengan Staf Khusus Presiden yang menangani disabilitas," ujar Risma, Jumat (5/2/2021).

Menurutnya, penandaan itu sangat penting bila sewaktu-waktu terjadi bencana. Dengan stiker itu, maka orang tidak akan lupa.

"Memang ada yang tidak suka edaran saya, misalkan diberi tanda bahwa ada lansia, ada yang orang sakit dan disabilitas lain. Ini penting kalau terjadi bencana maka orang tidak lupa kalau ada tanda itu dan mencari," tuturnya.

"Saya masih cek yang di Pasuruan ini yang meninggal dua orang, lansia umur 70 tahun dan seorang anak. Saya akan cek kenapa anak ini sampai menjadi korban," tambah Risma.

Mantan wali kota Surabaya dua periode ini menjelaskan, untuk tanda yang akan ditempel itu seperti stiker khusus.

Loading...

"Saya masih diskusikan terus, supaya ke depan kita para tetangga ingat, biar cepat ditolong. Ini sedang kita godok supaya hal-hal seperti itu bisa dihindarkan," pungkasnya.

Berita Terkait