Puluhan Rumah di Banyuwangi Rusak Diterjang Puting Beliung

Salah satu rumah warga di Banyuwangi ambruk diterjang puting beliung

jatimnow.com - Puting beliung menerjang puluhan rumah warga di Dusun Krajan, Desa Sraten, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, sekitar pukul 16.15 Wib, Jumat (5/2/2021).

Hujan deras disertai angin kencang itu juga menyebabkan sejumlah pohon tumbang. Kurang dari 5 menit hujan angin terjadi, sekitar 30 rumah termasuk musala, gedung sekolah dan pasar desa porak-poranda.

Loading...

Kepala Desa Sraten, H Rahman menjelaskan, pihaknya sudah mengajak seluruh warga melakukan gotong-royong dan mengajukan bantuan untuk membantu warga yang rumahnya rusak.

"Kami berharap segera ada bantuan dari mana pun. Kasihan warga yang rumahnya rusak, apalagi hampir setiap hari turun hujan," ungkapnya.

Katanya, rumah warga yang rusak ringan seperti genting dan atap teras lepas, langsung dibenahi secara gotong-royong. Sedangkan rumah yang kerusakannya parah akan segera ditindaklanjuti oleh pemerintah desa melalui pendataan untuk segera dibenahi.

Sementara warga setempat, Tomi mengaku bahwa saat detik-detik hujan angin akan datang, dirinya sedang bersama anak perempuannya berumur 10 tahun sedang berada di pekarangan belakang rumahnya. Saat itu juga dia melihat dengan jelas angin menggulung rumahnya.

"Hujan disertai angin kencang mengakibatkan genting rumah saya berhamburan," ujar Tomi.

Berita Terkait