Jatim Memiih

Gus Ipul Bicara 'Seribu Dewi' di Pasar Pule, Seperti Apa?

Editor: Budi Sugiharto / Reporter:

jatimnow.com - Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengunjungi Pasar Pule, Kecamatan Tikung, Kabupaten Lamongan. Dalam kunjungannya itu, Gus Ipul bicara 'Seribu Dewi'.

Seribu Dewi adalah singkatan dari Seribu Desa Wisata. Program tersebut merupakan salah satu program yang diusung pasangan Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno.

"Program Seribu Dewi pada dasarnya kami siapkan untuk meningkatkan perekonomian rakyat. Sekaligus menindaklanjuti program Nawacita-nya Pak Presiden Jokowi," kata Gus Ipul di sela kunjungannya di Pasar Pule, Jumat (2/3/2018).

Gus Ipul juga melihat potensi Pasar Pule yang perlu dikembangkan untuk meningkatkan pendapatan masyarakatnya. Seperti lokasi pasar yang di bagian pasar yang terdapat danaunya.

"Ini perlu rancangan yang menarik. Kalau potensi ini dikerjakan, akan menumbuhkan potensi ekonomi yang lain," tuturnya.

Ketika pasar saling bersinergi dengan danau yang dikembangkan menjadi tempat wisata, juga berdampak pada pertumbuhan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Kerajinannya bisa tumbuh. UMKM-nya juga bisa ikut tumbuh. Tren ekonomi masyarakatnya juga ikut tumbuh," tuturnya.

Ia menerangkan, berdasarkan hasil survei, ada tiga wisata yang paling diminati oleh wisatawan yakni, wisata budaya, wisata alam dan wisata buatan.

Melihat kondisi pasar yang dekat dengan danau, menurutnya, hal itu bisa saling berkolaborasi kehadiran pasar dengan danau.

"Di sinilah wisata buatan bisa menjadi potensi yang bisa dimanfaatkan," tuturnya.

Desa tersebut akan memiliki tempat wisata. Hal itu, akan menjadi bagian program Seribu Dewi. Desa Wisata ini akan menjadi salah satu strategi Pemerintah Provinsi Jawa Timur dibawah kepemimpinnya nanti jika terpilih di Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018.

"Pembangunan ini harus berkeadilan. Tidak hanya perkotaan saja, tapi desa juga harus tumbuh. Pertumbuhan ekonomi di desa adalah salah satu strategi dalam mengurangi kesenjangan," jelasnya.

Ia mencontohkan program Nawacita dari Jokowi, yakni program pembangunan pengembangan daerah yang dimulai dari pinggiran.

"Karena itulah, program Seribu Dewi kami siapkan untuk membangun mulai dari pinggiran," tandasnya.

Reporter: Rois Jajeli
Editor: Budi Sugiharto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter