Perbanas Surabaya Bekali Para Guru Ekonomi Materi Pembelajaran Digital

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Farizal Tito

Para dosen Perbanas Surabaya membekali para guru ekonomi dengan materi pembelajaran digital

jatimnow.com - Dosen STIE Perbanas Surabaya bekerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ekonomi Jatim menggelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pengajar Mata Pelajaran Ekonomi Berbasis Digital.

Dalam acara yang digelar melalui media zoom pada Sabtu (13/2/2021) itu, para guru dibekali inovasi pembelajaran. Materi yang diberikan meliputi Pelatihan Google Class Room, Pelatihan Google Form, Pelatihan Video Animasi Pembelajaran Video Scribe, Pelatihan PPT Beranimasi dengan Aplikasi Ispring dan Metode Pembelajaran Bermain, seperti Kahoot.

Acara itu digelar atas dasar proses belajar mengajar di era Pandemi Covid-19, yang mengharuskan pendidik semakin kreatif. Mereka dituntut menyajikan pembelajaran secara online yang didukung teknologi pembelajaran kekinian agar mudah diterima peserta didik.

Ketua Pelaksana, Dr Muazaroh mengatakan, pelatihan itu merupakan salah satu bentuk pengabdian dosen STIE Perbanas Surabaya di tengah Pandemi Covid-19. Juga untuk membantu guru, khususnya guru ekonomi dalam menyajikan materi pelajaran kepada siswa agar lebih menyenangkan.

"Siswa-siswi yang saat ini kita didik adalah siswa yang termasuk generasi Z, memang sejak lahir mereka sudah terbiasa dengan smartphone dan digital. Mereka juga akan mudah menerima pelajaran itu kalau ada visualisasi, ada praktik langsungnya dan pembelajarannya disajikan secara menyenangkan," ujar Muazaroh.

Dosen STIE Perbanas Surabaya itu berharap, guru ekonomi yang menjadi peserta dapat menyampaikan materi pelajaran kepada siswa lebih baik. Selain itu, pemanfaatan media animasi maupun video dapat ditambahkan dengan mudah dalam slide presentasi.

Sementara Ketua MGMP Ekonomi Jatim, Herman Hadiyanto menyambut baik program pelatihan yang diadakan oleh STIE Perbanas Surabaya. Dirinya menyebut bahwa kegiatan itu diawali sistem daring yang dipakai terus menerus di masa pandemi. Berdasarkan laporan dari orangtua, anak-anak mengalami kejenuhan.

"Pemikiran dari kami, Pengurus MGMP Ekonomi Jawa Timur bagaimana supaya ada pembelajaran yang menarik. Ternyata STIE Perbanas bisa memfasilitasi keadaan ini. Permainan Kahoot, teka-taki online untuk siswa sehingga bisa belajar sambil bermain," paparnya.

Herman menambahkan, ada dua poin yang bisa dicapai dalam kegiatan pelatihan tersebut. Yaitu membuat model pembelajaran yang menarik bagi siswa dan untuk memaksimalkan media pembelajaran secara online.

Untuk diketahui, pelatihan ini berlangsung dua hari selama 32 jam, mulai dari penyampaian materi, pelatihan hingga pengumpulan hasil pelatihan. Materi yang disampaikan hari pertama meliputi metode pelajaran bermain Kahoot, Pelatihan Google Form dan Pelatihan Google Class Room.

Hari berikutnya pada Sabtu (20/2/2021) adalah Pelatihan Video Animasi Pembelajaran Video Scribe dan PPT Beranimasi dengan Aplikasi Ispring.

Selain Dr. Muazaroh, narasumber pelatihan itu antara lain Dr. Supriyati, Mochamad Nurhadi, Thomas Hanandry Dewanto dan Mohammad Al Hafidz.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter