Pixel Codejatimnow.com

Bus Terjun ke Sungai di India, 40 Orang Tewas

Editor : REPUBLIKA.co.id  Reporter : REPUBLIKA.co.id
Bus yang jatuh ke kanal ditarik keluar di distrik Sidhi, di negara bagian Madhya Pradesh, India (Foto: Madhya Pradesh District via AP via Republika)
Bus yang jatuh ke kanal ditarik keluar di distrik Sidhi, di negara bagian Madhya Pradesh, India (Foto: Madhya Pradesh District via AP via Republika)

jatimnow.com - Sebuah bus penumpang di Madhya Pradesh, India, tergelincir dan jatuh ke sebuah kanal atau sungai pada Selasa (16/2). Sedikitnya 40 orang tewas dan beberapa lainnya dilaporkan hilang dalam kejadian tersebut.

Kecelakaan bus itu terjadi di dekat desa Patna di distrik Sidhi, sekitar 493 kilometer sebelah timur Bhopal, ibu kota Madhya Pradesh. Menurut petugas, sebelum kecelakaan, pengemudi bus kehilangan kendali, kemudian jatuh ke kanal.

"Sampai sekarang, 40 orang tewas dalam kecelakaan tragis ini. Korban meninggal termasuk 21 pria, 18 wanita, dan seorang anak," kata seorang pejabat di kantor hakim distrik Sidhi, dikutip laman Shine.

Pihak berwenang telah menghentikan aliran air dari bendungan Bansagar ke kanal untuk mempermudah upaya penyelamatan.

Tim dan personel tanggap bencana telah dikerahkan ke lokasi kejadian. Bus pun sudah dievakuasi dari kanal dengan bantuan kendaraan derek.

"Pencarian untuk melacak orang hilang sedang dilakukan. Karena dilaporkan lebih dari 50 orang berada di dalam bus, jumlah korban tewas kemungkinan akan meningkat saat itu," kata seorang pejabat lokal.

Kepala Menteri Madhya Pradesh Shivraj Singh Chouhan telah menyatakan belasungkawa atas insiden tersebut.

"Apa yang terjadi sangat tragis. Pekerjaan penyelamatan sudah dimulai. Dua menteri sedang dalam perjalanan ke lokasi (kejadian). Keluarga dari mereka yang telah meninggal akan diberi kompensasi sebesar 500 ribu rupee," ujarnya.

Baca juga:
Sopir Bus SMP PGRI Wonosari Malang Ditetapkan Tersangka, Ini Dasarnya

Perdana Menteri India Narendra Modi juga menyatakan belasungkawa atas kecelakaan bus Madhya Pradesh.

"Kecelakaan bus di Sidhi Madhya Pradesh sangat mengerikan. Belasungkawa kepada keluarga yang berduka. Pemerintah lokal secara aktif terlibat dalam pekerjaan penyelamatan dan bantuan," ujarnya.

Modi mengatakan akan memberikan bantuan 200 ribu rupee kepada keluarga korban yang meninggal dalam kecelakaan.

Sementara penumpang terluka bakal menerima 50 ribu rupee. Dana tersebut diambil dari Dana Bantuan Nasional Perdana Menteri.

Baca juga:
Data Korban Tewas Kecelakaan Bus SMP PGRI 1 Wonosari Malang di Tol Jombang

 

Lihat Artikel Asli

DisclaimerBerita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id