Limbah Pabrik Minyak Kayu Putih di Ponorogo Terbakar

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Petugas PMK berupaya memadamkan kobaran api

jatimnow.com - Limbah sekaligus bahan bakar pengolahan yang ada dikawasan pabrik minyak kayu putih di Desa Sidoharjo, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo terbakar hebat, Minggu (3/6/2018).

Sedikitnya dua mobil PMK dan empat mobil Tanki milik BPBD Ponorogo kesulitan memadamkan kobaran api karena besarnya lokasi kebakaran.

Selain itu kebakaran juga mengancam pabrik serta pemukiman warga sekitar.

Api dengan cepat membakar limbah yang berisikan tumpukan daun kayu putih kering seluas 1.3 hektar dengan ketebalan mencapai 50 meter.

Belum diketahui penyebab pasti kebakaran ini. Namun sejumlah saksi mata menyebut jika kebakaran sudah terlihat pukul 19.00 WIB dari tumpukan limbah sebelah timur.

"Saya melihat dari bawah ada api, ketika saya bongkar kok malah membesar," kata Agus Koirudin, salah satu saksi.

Ia mengaku, yang terbakar memang hanya limbah. Namun berbahaya karena mengancam gudang serta rumah warga yang ada disekitar.

Sementara, Sekretaris Satpol PP Ponorogo Lilik Slamet Raharjo mengatakan,tingginya tumpukan daun membuat petugas PMK tidak mengetahui apakah api di dalam masih menyala atau sudah padam.

"Namun kan tidak tahu bawahnya. Kedalamannya mencapai 50 meter," urainya.

Lilik menambahkan, saat ini petugas terus memastikan bahwa api benar-benar padam, agar tidak memunculkan titik api baru.

"Luasnya hampir 1 hektar lebih. Kami usahakan segera padam, biar tidak meluas kebakarannya," terangnya.

Reporter: Mita Kusuma
Editor: Arif Ardianto



jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter