Miris! Curi Burung Mengaku Untuk Biaya Selamatan

Editor: Arif Ardianto / Reporter: CF Glorian

Wijianto saat berada di Mapolsek Kanigoro Blitar

jatimnow.com - Mengaku terdesak kebutuhan untuk selamatan mendiang sang  ayah, Wijianto (35) warga RT 2 RW 3, Dusun / Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar nekat  mencuri burung milik warga.

Wijianto ditangkap warga beserta barang bukti yakni seekor burung jenis Cucak Ijo hasil curiannya. Lantaran curiga, Warga menangkap Wijianto yang saat itu tengah membawa sangkar burung diatas sepeda motornya.

Kapolsek Kanigoro AKP Purdianto mengatakan pelaku berhasil ditangkap warga yang memergoki tersangka mengambil burung lengkap dengan sangkarnya. Pelaku ditangkap di wilayah Desa Tingal, Kecamatan Garum,

"Saat itu posisi burung digantung di atap sebelah selatan rumah milik Riwanto tetangganya. Pelaku langsung mengambil. Pas jalan keluar ada warga yang tau dan meneriaki tersangka. Tersangka kabur dan dikejar. Kena di wilayah Garum," kata Purdianto di Mapolsek Kanigoro (2/3/2018).

Dari hasil pemeriksaan petugas, pelaku sebelumnya juga pernah melakukan aksi serupa di wilayah kecamatan Sutojayan. Aksi pelaku itu dilakukan sekitar tahun 2016 silam.

Akibat ulah tersangka, Riwanto merugi hingga 1,6 juta rupiah. Kini pelaku mendekam di ruang tahanan Mapolsek Kanigoro untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Kita jerat dengan Pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara," tutupnya.

Sementara dari keterangan pelaku kepada polisi, burung yang ia curi rencananya akan dijual. Sedangkan uang hasil penjualan burung curian itu akan ia gunakan untuk acara selamatan ayahnya yang sudah meninggal.

"Uangnya saya pakai sendiri pak. Untuk selametan bapak saya," kata Wijianto.

Reporter: CF Glorian

Editor: Arif Ardianto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter