Dugaan Penembakan ke Gus Idris, Polda Jatim: Video itu Hoaks

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Zain Ahmad

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko

jatimnow.com - Polda Jatim telah menyelidiki video dugaan penembakan terhadap tokoh ulama Idris Al Marbawy atau Gus Idris dari Pondok Pesantren (Ponpes) Thoriqul Jannah, Desa Babadan, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang yang beredar pada Senin (1/3) malam dan menjadi viral.

"Terkait adanya dua unggahan video dari akun milik Gus Idris yang beredar di medsos kemarin itu jelas bisa kami nyatakan hoax (hoaks). Kenapa kami nyatakan hoax, dari fakta-fakta yang kami temukan itu ada dua unggahan video," tegas Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko, Selasa (2/3/2021).

Baca juga: Viral Video Dugaan Penembakan ke Gus Idris, Ini Kata Polisi

"Yang pertama itu hari Senin sekitar pukul 22.30 Wib itu video berisi Gus Idris ditembak orang tak dikenal. Kemudian di upload lah oleh suatu akun yang ada di YouTube nama akunnya adalah Anggi Sri. Terkait berita itu menyebar bahwa Gus Idris tewas ditembak. Tapi pada hari Selasa jam 04.00 Wib, itu juga ada video lagi unggahan yang durasinya 29 menit yang menyatakan Gus Idris tidak tertembak dan keadaannya sehat-sehat saja. Jadi dapat kami pastikan video itu adalah hoax," jabarnya.

Ia meminta kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya dan mengecek kebenaran dan tidak menyebarkan informasi yang salah.

"Dari kegiatan yang dilakukan jajaran penyidik dan penyelidik di Polda Jatim khususnya di Polres Malang itu kegiatannya adalah mencoba untuk mengklairifikasikan video tersebut adalah tidak benar dengan menggunakan sarana IT (informasi teknologi) Direktorat Krimsus untuk mencari tahu siapa yang menyebarkan pertama kalinya," ujar dia.

"Polda Jatim juga mengimbau khususnya kepada yang ada di pesantren jika Gus Idris itu tidak terluka atau tertembak oleh orang tidak dikenal," imbuhnya.

Ia menyebut, ada dua video yang beredar.

"Yang satu dipastikan hoax dan satunya video klarifikasi dan disebarkan oleh satu akun yang sama yaitu Anggi Sri dan ini masih dalam penyelidikan Ditrekrimsus Polda Jatim," tandasnya

Sebelumnya, video penembakan di YouTube Gus Idris Official yang disiarkan secara live stremaning pukul 20.00 Wib itu, rombongan berjalan menuju parkiran mobil dan tiba-tiba terdengar suara seperti tembakan.

Tak lama kemudian Gus Idris terjatuh dan terlihat berdarah dengan luka di dada sebelah kanan. Sejumlah orang yang mengiringinya, kemudian membawanya masuk ke dalam mobil.

Nampak beberapa santri kebingungan dan berusaha menolong. Mereka pun langsung membopong Gus Idris masuk mobil dan membawa pergi dari lokasi. Terlihat pula bocah yang menangisi Gus Idris yang tergeletak di mobil.

Namun dari unggahan terbaru, Gus Idris dikabarkan kondisinya baik-baik yang disiarkan dari YouTube berjudul Gus Idris: Alhamdulillah Baik Baik Saja.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter