Harga Berbagai Jenis Cabai di PIOS Ikut Merangkak Naik

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Sahlul Fahmi

Berbagai jenis cabai tersedia di Pasar Induk Osowilangun Surabaya

jatimnow.com - Tingginya harga cabai rawit yang mencampai Rp 110 ribu hingga Rp 125 ribu per kilogram di pasar berimbas kepada kenaikan harga cabai lainnya.

Untuk cabai lalapan, kini di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) naik menjadi Rp 40 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 30 ribu.

"Cabai lalapan rasanya tidak sepedas cabai rawit. Karena itu peminatnya juga tidak sebanyak cabai rawit. Jadi meski harga cabai lalapan ikutan naik tapi harganya tidak bisa terlalu tinggi," kata salah satu pedagang cabai di PIOS, Suwarno, Selasa (9/3/2021).

Ia menjelaskan, kenaikan harga cabai rawit tidak hanya mempengaruhi harga cabai lalapan saja, tetapi juga kepada cabai merah dan hijau juga ikut naik meski tidak terlalu signifikan.

"Cabai merah dan cabai hijau juga ikutan naik harganya," ujar dia.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Kementerian Pertanian (Kementan) menyebut jika pemicu melejitnya harga cabai rawit saat ini karena sebagaian besar petani di beberapa daerah enggan menanam. Kementan juga memprediksi krisis cabai rawit ini diprediksi akan terjadi hingga akhir bulan Maret.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

 

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter