22 Terduga Teroris yang Ditangkap di Jatim Jaringan JI Kelompok Fahim

Terduga teroris UBS alias Fahim saat digiring Tim Densus 88 Antiteror Polri (Foto: jatimnow.com)

jatimnow.com - Sebanyak 22 teroris dari daerah Jawa Timur telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Kamis (18/3/2021) siang.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Rusdi Hartono menuturkan, puluhan orang tersebut merupakan pelaku tindak pidana terorisme yang ditangkap di Jawa Timur sejak akhir Februari hingga awal Maret 2021.

"Sejak 26 Februari 2021 sampai 2 Maret 2021, Densus 88 melakukan penegakan hukum terhadap 22 tersangka pelaku tindakan pidana terorisme di Jatim," ujar Rusdi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (18/3/2021).

Baca juga:  Dikawal Ketat, 22 Terduga Teroris dari Jatim Dibawa ke Mabes Polri

Dia menjelaskan, penindakan terhadap para tersangka dilakukan di sejumlah daerah di Jawa Timur, meliputi Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Kediri, Malang dan Bojonegoro. Mereka semua, kata Rusdi, merupakan kelompok Jamaah Islamiyah (JI), atau yang biasa disebut kelompok Fahim.

"Mereka akan kami bawa ke Rutan Cikeas (Bogor)," terangnya.

Pantauan Republika, sekira pukul 12.10 Wib pesawat yang membawa para tersangka kasus terorisme dari Jatim tiba di bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Tersedia sekitar enam unit mobil yang akan memberangkatkan mereka menuju ke Rutan Cikeas, Bogor. Tampak sejumlah pasukan Densus 88 berjaga-jaga dalam proses penyambutan.

Satu per satu dari mereka turun dari pesawat. Pada akhir sesi penurunan pata tersangka, tiga teroris ditunjukkan oleh tim kepolisian kepada awak media sebagai pentolan, yakni AYR alias AZ, F alias AU, dan UBS alias F.

Kondisi para teroris tampak dirantai pada bagian tangan dan kakinya. Mereka juga mengenakan penutup mata berwarna hitam.

 

Loading...

Lihat Artikel Asli

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

Berita Terkait